IU Profile
IU Profile Photo

IU

Profesi
Penyanyi, aktris
Nama Asli
Lee Ji-eun
Tgl Lahir
May 16, 1993
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Penyanyi, aktris
Populer
Merilis single "Missing Child" (2008)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Tinggi Badan
162
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Pendidikan
  • Pernah sekolah di Dongduk High School
Kekasih
Jang Ki Ha (vokalis band "Kiha & The Faces", Mar-15 - Jan-17)
Populer Sejak
Merilis single "Missing Child" (2008)

Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal dengan nama panggung IU adalah seorang solois, aktris sekaligus bintang iklan yang lahir di Korea Selatan 16 Mei 1993. Nama IU sendiri sebenarnya berasal dari dua suku kata yaitu "I" (Aku) dan "You" (Kamu). Nama tersebut dipilih agensi IU, Leon Entertainment, untuk menggambarkan bahwa idola (IU) bisa bersatu dengan fans lewat musik.

Sementara itu, nama fans IU adalah Uaena. Sama seperti nama IU sendiri, Uaena mengandung makna yang dalam. Uaena berasal dari 3 silabel berbeda (U, Ae, dan Na) yang jika disatukan akan berarti "Kamu cinta aku".

Karir IU ditandai dengan debutnya di acara Mnet "M! Countdown" September 2008. Pada kesempatan itu, IU tampil untuk pertama kali di layar kaca membawakan single perdananya yang berjudul "Lost Child" dari mini album "Lost and Found". Debut tersebut tidak lantas membuatnya menjadi terkenal saat itu.

Kepopuleran IU mulai terlihat jelas ketika ia memutuskan merilis album berjudul "Growing Up", April 2009. Dari album tersebut, single yang berjudul "Boo" berhasil menempati posisi pertama pada beberapa acara musik Korea Selatan yang terkenal, seperti "Inkigayo" (SBS), "Music Bank" (KBS), "M! Countdown" (Mnet) serta di beberapa chart online.

2011 bisa dibilang menjadi tahun keemasan IU. Pasalnya, di tahun tersebut IU berhasil menduduki posisi tinggi di beberapa chart musik online dan offline. Hal itu juga yang kemudian membawa IU dan agensi mengadakan fansign dan mini konser pertamanya di AX-Korea.

Kini, IU telah merilis sejumlah album maupun single yang menjadi hits. Materi tersebut diantaranya "Nagging" (kolaborasi dengan Seulong 2AM), "Good Day" dan "You & I". Di bidang musik, IU juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan seperti Power Rookie Awards, Best Digital Album untuk "Real", Favorite Female Singer dan Best Korean Pop Song untuk "Good Day".

Tak hanya menyanyi, IU juga tertarik merambah dunia akting. Debut pertamanya sebagai seorang aktris diawali lewat drama "Dream High" diantaranya bersama Suzy, Ham Eun Jung dan Taecyeon. Dalam drama tersebut, IU berperan sebagai Kim Pil Sook (Kim Pil Suk).

Ini merupakan tantangan bagi IU karena ia harus tampil sebagai gadis gendut bersuara emas namun sering diejek murid-murid di sekolahnya. Namun, terbukti ia sukses memerankan karakter yang berbeda dengan imej aslinya. Setelahnya, IU menjadi cameo di beberapa serial terkenal seperti "Dream High 2" dan "Salamander Guru and The Shadows" serta peran utama di "You're the Best Lee Soon Shin".

Dalam kehidupan pribadi, IU sempat diisukan memiliki hubungan spesial dengan member Super Junior, Eunhyuk, November 2012. Rumor tersebut sempat heboh setelah ia memajang fotonya mengenakan piyama bersama Eunhyuk. Namun IU jadi panik ketika foto tersebut membuat ia digosipkan pacaran bahkan punya hubungan seksual dengan Eunhyuk.

"Aku merasa menyesal kepada semua orang. Aku juga banyak berpikir tentang apakah aku harus meminta maaf pada semua orang, dan mengklarifikasi semua salah paham ini, atau aku harus tetap diam?," sahut IU saat menjelaskan skandal tersebut, Juli 2013. "Aku menunda semua variety show sebisa mungkin karena hal itu."

Karena skandal foto itu, IU juga diisukan hamil bahkan akan menikah dengan Eunhyuk. Namun pelantun "Monday Afternoon" tersebut hanya bisa tertawa dan berusaha bersikap santai. Menurutnya, semua isu tersebut memang sudah menjadi resiko sebagai artis.

IU Lirik Lagu