Lee Young Ae Makin Dikecam Usai Surat Donasi ke Yayasan Presiden Pertama Korea Terungkap
Selebriti

Aktris 'Jewel in The Palace' atau 'Dae Jang Geum', Lee Young Ae telah membuat publik geram usai menyumbangkan uang untuk yayasan milik Presiden Pertama Korea yang kontroversial, Syngman Rhee.

WowKeren - Lee Young Ae dikenal sebagai dewi donasi. Namun baru-baru ini bintang "Jewel In The Palace" tersebut menerima kecaman karena menyumbang untuk yayasan mantan presiden Lee Seung Man atau Syngman Rhee.

Pada 12 September lalu, Yayasan Peringatan Kepresidenan Lee Seung Man mengumumkan dalam siaran pers bahwa Lee Young Ae menyumbangkan 50 juta won (sekitar Rp578,8 juta) kepada yayasan presiden pertama Korea. Aktris cantik itu menyatakan niatnya menyumbang tidak lama setelah berita tentang pembentukan Komite Promosi Gedung Peringatan Kepresidenan Lee Seung Man dipublikasikan pada bulan Juli.

Seiring dengan uang donasi, Young Ae mengirimkan surat kepada Kim Hwang Sik selaku ketua yayasan. Meski mengetahui reputasi Syngman Rhee yang kontroversial, ia tetap mau menyumbang atas alasan peletakkan dasar bagi Korea.

Dalam surat tersebut, Young Ae menuliskan, "Meskipun Presiden Syngman Rhee mungkin berlebihan, tidak diragukan lagi dia adalah orang yang meletakkan dasar yang kokoh bagi Republik Korea merdeka yang kita tinggali saat ini…"

"Sebagai warga negara Republik Korea merdeka, saya tidak bisa mengabaikan berita tentang pendirian aula peringatan presiden pertama, dan saya telah memutuskan untuk berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana," lanjutnya.

Kemudian Young Ae mengklaim bahwa dia tidak hanya mendukung Syngman Rhee melainkan juga mantan presiden lain. Di masa lalu, sang aktris juga menyumbang untuk yayasan presiden lain.


"Keluarga saya telah memberikan sumbangan untuk menghormati rasa terima kasih yang kami rasakan terhadap presiden negara kami sebelumnya, seperti Park Chung Hee, Kim Young Sam, Kim Dae Jung, dan Roh Moo Hyun," paparnya.

Sebagai tanggapan, yayasan tersebut menyatakan bahwa mereka setuju dengan tujuan sumbangan Young Ae. Mereka berharap aksi Young Ae bisa meningkatkan kesadaran berdonasi ke Balai Peringatan Kepresidenan.

Setelah isi surat terungkap, Young Ae semakin dikecam publik. Mereka menyayangkan tindakan sang aktris yang memberikan dukungan kepada tokoh kontroversional. Bahkan karena ini jadi banyak netizen yang tidak ingin lagi menonton dramanya.

"Republik Korea yang merdeka LOL. Dia benar-benar orang yang paling mengabaikan kebebasan….," kata salah satu netizen. "?? Di Korea mana dia tinggal? Ini bukan Korea tempat aku tinggal, itu sudah pasti," sahut netizen lain. "Republik Korea yang bebas… Hanya saja, jangan menyumbang kepada presiden sebelumnya," imbuh yang lain.

"Aku menonton 'Dae Jang Geum' lagi karena algoritmanya, tapi sekarang aku akan berhenti," komentar seorang netizen. "Itu adalah 'Republik Korea'! Apa itu 'Republik Korea Merdeka'?" sambung netizen yang lain. "Wow, reputasinya hancur dalam sekejap," ujar lainnya.

Sementara itu, Young Ae selama ini memberikan kontribusi signifikan untuk berbagai kegiatan amal. Sebelumnya ia pernah menggelontorkan 100 juta won (sekitar Rp1,15 miliar) masing-masing untuk Ukraina pada 2020 dan Akademi Militer Korea pada 2016.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending