RM BTS Bawa Pulang Baju Pengantin Bersejarah Joseon, Intip Pameran Cantiknya
Facebook/bangtan.official
Selebriti

RM BTS telah berhasil membantu Museum Istana Nasional Korea membawa pulang pakaian pengantin Dinasti Joseon dari Los Angeles Country Museum of Art. Intip cantiknya pameran baju bersejarah berikut.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, RM BTS menjadi sorotan karena telah donasi untuk membawa pulang baju pernikahan Joseon ke Korea. Setelah sukses kembali ke negara asal, baju itu dipamerkan di Museum Istana Nasional Korea.

Pada Rabu (20/9), akun Visit Korea di media sosial X (dulunya Twitter) membagikan hamparan cantik pakaian pernikahan Joseon yang disebut Hongjansam di ruang pameran. Sehingga fans internasional pun bisa ikut mengintip suasana ruang pameran. Baju bersejarah dan langka itu dipamerkan mulai dari 15 September hingga 13 Desember 2023.

Mempertimbangan usia, pakaian dipamerkan dalam lemari kaca lengkap dengan aksesorisnya. Detail bordir sebagai motif juga ditampilkan. Pola rumit yang menampilkan simbol kemakmuran dan kebahagiaan, seperti bunga teratai, peony, burung phoenix, burung bangau, kupu-kupu, dan banyak lagi, disulam dengan cermat di seluruh pakaian.

Hongjasam sendiri berasal dari Dinasti Joseon dan dipakai para putri dan perempuan bangsawan saat menikah. Meski dalam masyarakat tumbuh norma agar tidak melakukan pemborosan, pakaian ini menjadi simbol kemewahan dan keagungan sulaman rumit, warna merah dan detail hiasan daun emas. Kemegahannya mewakili istana kerajaan dan menjadi bagian penting dari upacara pernikahan di masyarakat.

RM BTS Bawa Pulang Baju Pengantin Bersejarah Joseon, Intip Pameran Cantiknya

Source: Twitter/Kor_Visitkorea


Pameran bertajuk "Blooming Hwarot: Bridal Robes of the Joseon Royal Court" ini menampilkan sembilan pakaian upacara langka. Saat ini, hanya ada 50 buah pakaian upacara bersejarah di seluruh dunia dan 110 artefak yang terkait.

RM sendiri memberikan sumbangan sebesar 100 juta won (sekitar Rp1,14 miliar) untuk membawa pulang pakaian itu ke Museum Istana Nasional Korea. Sebelumnya pakaian itu merupakan bagian dari koleksi Los Angeles Country Museum of Art (LACMA) yang menonjol karena kondisi pelestariannya yang sangat mumpuni.

Penggemar RM ikut bangga atas jasa idolnya untuk membawa pulang bagian dari sejarah Korea. Mereka juga tidak hentinya mengagumi indahnya pakaian tersebut.

"Ini sangat cantik. Aku akan datang dan berkunjung jika sampai di Seoul bulan depan. Nggak sabar!" kata salah satu netizen. "Ini cantik banget. Namjoon sangat luar biasa. Aku bangga padanya," sahut netizen lain. "Aku ke sana minggu lalu dan melihat ini, sungguh terima kasih pada Joonie," ujar lainnya.

Sementara itu, RM telah merilis album solonya yang bertajuk "Indigo" beberapa waktu lalu. Dengan album berisi 10 lagu ini, RM menempati posisi ke-3 di Billboard 200.

Selain musik, RM juga aktif dalam misi sosial. Terbaru, ditunjuk sebagai Duta Humas Tim Penggalian dan Investigasi Sisa Badan Pertahanan Nasional Kementerian Korea Selatan pada Juni 2023 lalu. Tujuan tim ini adalah menemukan dan mengidentifikasi sisa-sisa veteran perang dari Perang Korea.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait