Beredar Deepfake Song Hye Kyo dan V BTS, Tingkat Kemiripan Picu Khawatir
MHNSports
Selebriti

Beredar deepfake menggunakan wajah Song Hye Kyo dan V BTS di forum online. Ramai menjadi pembicaraan di forum online, netizen menyuarakan kekhawatirannya pada selebriti tersebut.

WowKeren - Song Hye Kyo dan V BTS tengah menjadi sasaran kekhawatiran netizen usai beredar deepfake menggunakan wajah mereka. Wajah kedua selebriti terkenal itu dicatut dalam video reakayasa yang tingkat kemiripannya sangat tinggi.

Pada Kamis (2/11), postingan soal deepfake Hye Kyo dan V ramai dibicarakan oleh netizen Korea Selatan. Dalam postingan berjudul "Deefpake Song Hye Kyo dan V BTS Cukup mengejutkan", OP mengunggah gif hasil buatan artificial intelegence (AI) yang sangat mirip dengan wajah selebriti tersebut.

Photo-INFO

Bottom-INFO

Dalam gif yang beredar, wajah Hye Kyo "dipinjam" untuk ditempelkan pada tubuh lainnya. Gif tersebut menunjukkan fitur wajah yang mirip dengan Hye Kyo termasuk caranya tersenyum hingga lesung pipitnya.

Di sisi lain, deepfake V lebih singat namun mengambil fitur khas sang idol. Meski terlihat jelas merupakan buatan AI, alis dan bibirnya sangat mirip dengan pemilik nama asli Kim Taehyung tersebut.


Photo-INFO

Bottom-INFO

Menanggapi wajah Hye Kyo dan V digunakan untuk deepfake dengan kemiripan seperti itu, netizen Korea menyuarakan kekhawatirannya. Mereka menilai bahwa pemerintah harus segera melakukan sesuatu untuk membatasi AI karena dikhawatirkan akan digunakan untuk hal-hal tidak bertanggungjawab.

"Fans akan tahu itu palsu tapi itu akan menipu muggle (non-fans)," kata salah satu netizen. "Meskipun klipnya terlihat aneh sekarang, mereka akan terlihat benar-benar menakutkan di masa depan," sahut netizen lain. "Wow, serius… Ini aneh sekali…," imbuh yang lain.

"Keduanya terlihat sangat nyata," komentar seorang netizen. "Aku melihat deepfake seleb Hollywood, dan mungkin itu karena aku tidak terlalu kenal, tapi aku akan mengira itu betulan jika tidak ada yang memberitahuku," sambung netizen yang lain.

"Aku yakin mereka akan menipu orang dengan membuat klip AI dengan suara AI. Pemerintah harus bergegas dan melakukan sesuatu," ujar lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru