Fatou BLACKSWAN Tanggapi Tuduhan Plagiat BABYMONSTER
Instagram/X/YGBABYMONSTER_
Musik

Fatou BLACKSWAN secara pribadi menyinggung kontroversi lagu solonya, 'Letter 1 - Adaeh' yang dirilis pada hari Jumat, 8 Desember lalu. Lagu Fatou ini disebut-sebut plagiat dari lagu debut BABYMONSTER.

WowKeren - Fatou BLACKSWAN menanggapi tuduhan plagiat BABYMONSTER. Fatou memberikan klarifikasi atas tuduhan tersebut kala menggelar TikTok Live pada hari Rabu, 13 Desember.

Dalam TikTok Live ini, Fatou menyoroti komentar para penggemar yang menuduhnya memplagiat lagu debut BABYMONSTER, "Batter Up". Tudingan tersebut muncul karena intro dari lagu solo Fatou, "Adaeh", terdengar mirip dengan "Batter Up" milik BABYMONSTER.

Fatou tidak bisa menutupi rasa kecewanya karena mendapatkan tuduhan plagiat tersebut. Walau begitu, idol cantik ini berani membeberkan secara detail terkait alasan kemiripan lagu "Adaeh" dan "Batter Up".


Fatou BLACKSWAN memberikan penjelasan terkait tuduhan plagiat

Sumber: TikTok

Fatou menjelaskan kalau produser "Adaeh" dan "Batter Up" menggunakan sampel musik yang sama. Sampel inilah yang membuat intro dua lagu tersebut terdengar sama. Penggunaan sampel musik yang sama ini merupakan hal legal. Sehingga, tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk plagiarisme.

"Aku mendapatkan komentar yang sangat bodoh, kalau aku memakai sampel lagu BABYMONSTER. Tidak! Aku dan produserku menggunakan sampel musik yang lain, dan BABYMONSTER menggunakan sampel musik yang sama" seru Fatou.


Fatou lebih lanjut menerangkan kalau ia dan produser "Adaeh" sudah mengerjakan lagu tersebut sejak tahun lalu. "Karena kita sudah mengerjakan lagu ini lebih dari setahun," terang idol kelahiran tahun 1995 itu.

Tak berhenti di situ, Fatou juga meminta para penggemar untuk tidak melontarkan tuduhan serupa di masa depan. Pasalnya, itu justru akan membuat mereka tampak bodoh di mata orang lain.

"Tolonglah, berhenti menunjukkan betapa bodohnya kamu di live stream ini. Tolonglah, hormatilah dirimu sendiri. Ayolah, kamu pasti tahu bagaimana cara melakukannya. Oke?" pinta Fatou.

Setelah membantah tuduhan plagiat, Fatou justru menunjukkan dukungannya kepada BABYMONSTER. Ia tak ragu memutar lagu "Batter Up" dan asyik menari sembari mendengarkannya.

Sementara itu, BABYMONSTER merilis "Batter Up" pada 27 November lalu. Karena lebih dulu dirilis, ada beberapa penggemar yang menuduh Fatou memplagiat lagu tersebut karena baru merilis "Adaeh" pada 8 Desember. Meski begitu, banyak yang memberikan pembelaan sejak awal. Pasalnya, persiapan perilisan lagu dinilai tidak mungkin hanya berjarak kurang dari dua pekan saja.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait