Kematian Lee Sun Kyun Buat Sutradara 'Parasite' dkk Tergerak untuk Ambil Tindakan
Yonhap News
Selebriti

Kematian Lee Sun Kyun membuat para pelaku budaya Korea Selatan seperti Bong Joon Ho, sutradara ‘Parasite’, hingga para organisasi lain tergerak untuk melakukan konferensi pers.

WowKeren - Kematian Lee Sun Kyun (Lee Sun Gyun) telah membuat industri perfilman dan organisasi budaya Korea Selatan untuk mengambil tindakan. Terkait berpulangnya sang aktor, Bong Joon Ho selaku sutradara “Parasite” dan kawan-kawan yang terdiri dari nama besar di industri lainnya bermaksud untuk menggelar konferensi pers.

Pada Selasa (9/1), koalisi tokoh budaya Korea terkemuka menyampaikan rencana jumpa pers untuk membongkar kebenaran terkait kematian Sun Kyun. Mereka akan menggelar konferensi “Permintaan Seniman Budaya Menghadapi Kematian Mendiang Aktor Lee Sun Kyun” di Pusat Pers, Seoul, pada 12 Januari mendatang.

Dalam acara “Pertemuan Solidaritas Seniman dan Budaya”, 29 organisasi kesenian dan budaya bergabung untuk mencegah siapa pun mengalami nasib serupa dengan Sun Kyun. Mereka menuntut penyeldiikan komprehensif pihak berwenang untuk mengungkap kebenaran seputar kematian sang aktor.

Rencananya, konferensi pers ini akan dihadiri Sutradara Bong, penyanyi Yoon Jong Shin, sutradara Lee Won Tae, aktor Choi Deok Moon, dan para pemimpin organisasi tersebut. Mereka juga meminta agar media melakukan refleksi diri karena bagaimana pun juga, kematian Sun Kyun juga disebabkan pemberitaan tidak benar.


“Saat kita menghadapi kematian tragis mendiang Lee Sun Kyun, kami setuju bahwa hal seperti ini tidak boleh terulang lagi. Kami mendesak otoritas investigasi untuk menyelidiki kebenaran secara menyeluruh dan refleksi diri media. Upaya itu tidak sesuai dengan tujuan pelaporan,” kata perwakilan Solidaritas Seniman dan Budaya.

“Kami berencana meminta penghapusan artikel tersebut dan merevisi undang-undang yang berlaku saat ini untuk melindungi hak asasi seniman budaya,” pungkasnya.

Sementara itu pada Rabu (27/12), Sun Kyun ditemukan meninggal dunia di sebuah mobil yang terparkir di Waryong Park, Jongno-gu, Seoul. Sebelum ditemukan, Sun Kyun dilaporkan oleh Jeon Hye Jin telah meninggalkan semacam surat wasiat dan menghilang dari rumah.

Pada hari-hari terakhirnya, Sun Kyun tengah menghadapi penyelidikan kasus narkoba yang menyeretnya sejak Oktober 2023. Sun Kyun sendiri sudah mendapatkan hasil negatif dalam setiap tes narkoba, tetapi polisi tetap meneruskan penyelidikan.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait