BTS Bakal Benar-Benar Dihapus dari The Camp usai Diperingatkan BigHit
X/bts_bighit
Selebriti

BTS akan benar-benar dihilangkan dari The Camp sebagai tanggapan atas protes BigHit Music terkait konten yang diperjualbelikan oleh pengguna aplikasi tersebut. The Camp pun memberikan keterangannya.

WowKeren - Menyusul peringatan BigHit Music, BTS akan benar-benar dihapus dari The Camp. Pelanggaran hak cipta yang dialami oleh BTS pun telah diakui oleh aplikasi tersebut.

Pada Selasa (16/1), aplikasi The Camp merilis pernyataan resmi terkait BTS dan pelanggaran hak cipta. Mereka mengumumkan tindakan perbaikan dari kerusakan yang sudah muncul akibat aktivitas pengguna aplikasi tersebut.

“Karena masalah dengan pengelolaan kamp kami, kami mendapat perhatian bahwa kami secara tidak sengaja telah melanggar hak-hak perusahaan tertentu. Kami telah segera mengambil tindakan perbaikan,” kata The Camp.

Lebih lanjut, The Camp memberikan penjelasan bahwa BigHit telah meminta mereka untuk mengambil tindakan nyata. Mereka juga mengaku akan bertanggung jawab secara hukum jika menggunakan nama artis BigHit, dalam hal ini BTS, tanpa izin.

“Sebagai tanggapan atas permintaan dari Big Hit Music, kami akan menangguhkan pengoperasian semua kamp yang terkait dengan artis Big Hit. Oleh karena itu, kamp yang dibuat atas nama artis Big Hit oleh pengguna akan ditangguhkan pada 9 Maret,” papar The Camp.

Sebelumnya, HYBE, induk perusahaan BigHit, telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait pelanggaran hak publisitas. Pihak label tersebut menyadari adanya penggunaan nama BTS dan ciri khas para member untuk diperdagangkan tanpa izin.


“Bulan lalu, kami memberikan bukti kepada operator The Camp mengenai penggunaan nama dan rupa BTS tanpa izin dari BTS dan agensi kami,” ungkap HYBE.

Adapun isi dari pernyataan tersebut berupa peringatan tegas agar nama dan wajah BTS tidak digunakan tanpa izin. Mereka dengan keras melarang tindakan jual beli foto artis atau yang berhubungan dengan BTS selama di militer.

Pada saat itu, operator The Camp menciptakan ruang komunitas individu setiap member BTS. Mereka juga menjual boneka bertuliskan nama asli para member melalui saluran perdagangan mereka.

Sebagai tanggapan soal penggunaan hak cipta BTS yang tidak sah, HYBE secara langsung mengeluarkan sertifikasi konten untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka juga memperingatkan operator untuk segera mengambil tindak perbaikan.

Saat ini, ketujuh member BTS sedang menunaikan tugas sebagai pria Korea Selatan dengan melakukan wamil. Sebelum berangkat, mereka sudah fokus pada aktivitas solo sementara satu per satu member mendaftar secara bertahap.

Rencananya, BTS akan kembali beraktivitas sebagai grup pada 2025 mendatang. Mereka akan kembali setelah semua member selesai wamil dan memungkinkan untuk melakukan aktivitas bersama.

Dengan situasi saat ini, Jin akan menjadi member pertama yang menyelesaikan wamil. Pemilik nama Kim Seokjin itu akan keluar pada Juni 2024.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru