Dispatch Digerebek Imbas Kasus Lee Sun Kyun
News1
Selebriti

Dispatch juga ikut digerebek pihak berwajib terkait pemberitaan terkait kasus narkoba Lee Sun Kyun yang berujung kematian. Sebagai tanggapan, Dispatch kini melakukan serangan balik kepada polisi.

WowKeren - Setelah digerebek imbas kasus Lee Sun Kyun (Lee Sun Gyun) yang berujung tragis, Dispatch melancarkan serangan balik. Outlet media itu mengklaim bahwa polisi ingin laporan penyelidikan kasus narkoba sang aktor “Parasite” disembunyikan.

Pada Rabu (24/1), dilaporkan bahwa polisi yang menggerebek kantor Dispatch untuk menyelidiki kebocoran informasi terkait kasus Sun Kyun. Polisi mengungkap bahwa penggeledahan itu bagian dari penyelidikan adanya kolusi antara Badan Kepolisian Incheon dengan media. Mereka juga sudah menggerebek Kantor Polisi Incheon pada Senin (22/1).

Dari penggeledahan tersebut, polisi menyita buku catatan dan telepon jurnalis Dispatch. Mereka ingin menyelidiki apakah ada kebocoran informasi internal polisi kepada media termasuk Dispatch.

Sebagai balasan, Dispatch mengungkap bahwa artikel Sun Kyun pada 28 Desember membuat kantor mereka digerebek. Dalam artikel tersebut, Dispatch mengkritik penyelidikan polisi terhadap Sun Kyun.

“Alasan penggeledahan dan penyitaan adalah artikel yang diterbitkan pada tanggal 28, sehari setelah kematian Lee Sun Kyun. Dalam artikel tersebut, kami mengkritik penyelidikan polisi dan outlet berita dan yang menerbitkan laporan kasus tanggal 18 Oktober, dalam prosesnya,” terang Dispatch.

Terkait artikel 18 Oktober, Dispatch mengaku mendapat “laporan kejadian” dari polisi dan hanya mendengar kesaksian informan. Mereka tidak mengetahui faktanya yang dibagikan dan tidak menyebutkan nama sang aktor. Dispatch menuding bahwa Surat Kabar Gyeonggi yang menjatuhkan inisial aktor tersebut hingga nama Sun Kyun terungkap ke media sebelum penyelidikan dimulai.

Sebagai penutup, Dispatch menyampaikan harapan agar polisi tidak menggunakan penggeledahan mereka untuk menutupi cacatnya kinerja Kantor Polisi Incheon. Kendati demikian, mereka merasa bahwa dalang di balik penggorengan berita kasus narkoba Sun Kyun ini.


“Lee Sun Kyun sudah meninggal. Akar masalahnya adalah polisi membocorkan informasi dan wartawan menerbitkannya. Rekaman yang tidak relevan dengan kasus, keterangan saksi yang telah diedit, kita perlu mengungkap siapa dalang yang menggoreng kebohongan tersebut,” lanjut Dispatch.

Kemudian, Dispatch mengungkap bahwa mereka menerbitkan laporan yang ingin disembunyikan polisi. Mereka menyimpulkan bahwa itulah mengapa mereka digeledah.

“Setelah kematian Lee Sun Kyun, kami menerbitkan laporan internal polisi. Polisi ingin menyembunyikan laporan ini. Kami harap penggeledahan dan penyitaan ini tidak digunakan untuk menutupi laporan itu,” pungkas Dispatch.

Sementara itu pada hari-hari terakhirnya, Sun Kyun tengah menghadapi penyelidikan kasus narkoba yang menyeretnya sejak Oktober 2023. Sun Kyun sendiri sudah mendapatkan hasil negatif dalam setiap tes narkoba, tetapi polisi tetap meneruskan penyelidikan.

Hingga pada 27 Desember, Sun Kyun ditemukan meninggal dunia di sebuah mobil yang terparkir di Waryong Park, Jongno-gu, Seoul. Sebelum ditemukan, sang aktor dilaporkan oleh Jeon Hye Jin telah meninggalkan semacam surat wasiat dan menghilang dari rumah.

Pada Jumat (12/1), Asosiasi Seniman Budaya yang terdiri dari 29 pelaku seni menggelar konferensi pers untuk menyuarakan tuntutan terkait kematian Sun Kyun. Asosiasi itu diwakili sutradara Bong Joon Ho, Lee Won Tae, aktor Kim Eui Sung, dan penyanyi Yoon Jong Shin secara bergantian menyampaikan pendapat mereka.

Sebagai hasil konferensi pers, Asosiasi Seniman Budaya mendesak adanya penyelidikan menyeluruh terhadap proses hukum Sun Kyun. Kedua, mereka meminta media memberikan klarifikasi terkait proses investigasi dan menghapus artikel yang tidak sesuai dengan tujuan pemberitaan. Terakhir, mereka mengajukan revisi undang-undang yang berlaku untuk melindungi hak asasi seniman budaya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait