IU dan V BTS Pakai Simbol-Simbol Tersembunyi di MV 'Love Wins All'
YouTube/이지금 [IU Official]
Musik

IU dan V BTS seolah ingin menyampaikan pesan mendalam lewat sederet simbol yang ditunjukkannya. Pesan mendalam yang dimaksud berbicara tentang fenomena sosial yang masih kerap terjadi di kehidupan sehari-hari.

WowKeren - Video musik "Love Wins All" yang baru dirilis pada Selasa (23/1) menuai reaksi positif dari publik. Banyak yang penasaran dengan berbagai simbol tersembunyi yang ditunjukkan oleh IU dan V BTS sebagai pemeran utama dalam MV tersebut.

Pertama, yang menjadi perbincangan hangat para fans di media sosial adalah soal kubus pembunuh yang mengejar-ngejar V dan BTS. Keberadaan kubus ini menjadi pembuka bagi simbol-simbol tersembunyi lainnya.

Salah satu teori yang ditemukan fans mengatakan bahwa kubus tersebut mengacu pada diskriminasi terhadap tokoh utama. Kubus itu disebut ingin menyingkirkan kaum marginal seperti IU dan V. Selanjutnya dapat diartikan merujuk pada berbagai diskriminasi dan penindasan yang lazim dalam kehidupan kita sehari-hari.

Simbol kedua adalah camcorder alias alat rekam yang ditemukan oleh V. Pengaturan pada layar yang ditangkap oleh camcorder adalah dunia yang baik-baik saja sebelum menjadi reruntuhan. Di dunia yang digambarkan dalam camcorder, IU dan V terlihat hidup dengan penampilan rapi, menyantap makanan lezat, dan dengan percaya diri bergerak melintasi banyak ruang dengan gaun dan tuksedo berkilau, menikmati kebahagiaan yang hanya mereka bayangkan.


Simbol ketiga tampak pada penampilan IU dan V sebagai tokoh utama dalam MV. Pada penampilannya yang tampak lusuh, IU memiliki tindik kecil di bibir bawahnya. Hal ini sebagai kode bahwa IU kemungkinan seorang tuna wicara dan tuna rungu lantaran ia juga berbicara menggunakan bahasa isyarat dengan V.

Sementara V diduga mengalami kebutaan pada salah satu matanya. Kekurangan yang dimiliki IU dan V inilah yang diduga sebagai alasan bagi kubus pembunuh itu untuk mengintai mereka. Dari sini, terlihat jelas bahwa IU ingin memberitahukan bahwa diskriminasi yang dialami oleh kaum disabilitas masih sering terjadi di dunia nyata.

Terakhir adalah baju pengantin yang dikenakan oleh IU dan V. Di sini, gaun pengantin dan tuksedo melambangkan hal yang paling klise dalam cinta. Dalam video musik tersebut, pasangan kekasih ini menikmati momen kebahagiaan bersama dengan melakukan hal-hal yang selama ini sulit dilakukan dalam keseharian mereka seperti memakai baju bagus, berfoto, bernyanyi, serta bersenang-senang.

Namun, pada akhirnya tubuh mereka menghilang karena diseret ke udara oleh kubus pembunuh itu, dan hanya menyisakan pakaian mereka yang jatuh ke gunungan baju. Beberapa mengartikan bahwa mereka bebas terbang menjauh dari segala macam penindasan dan tekanan. Yang terpenting, gaun dan tuksedo yang jatuh dari langit juga menyiratkan pertanyaan apakah bentuk-bentuk yang dianggap bermakna dan penting dalam kenyataan benar-benar menunjukkan hakikat sebenarnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait