RM BTS Disebut Selamatkan Sastra Korea Berkat Pengaruhnya
Instagram/rpwprpwprpwp
Selebriti

RM BTS disebut berjasa pada sastra Korea oleh penerjemah resmi buku memoar ‘Beyond the Story: 10-Year Record of BTS’. Pemilik nama asli Kim Namjoon itu telah memperkenalkan karya sastra Korea yang sebelumnya tak banyak diketahui.

WowKeren - RM BTS disebut-sebut telah menyelamatkan sastra Korea oleh penerjemah buku memoar “Beyond The Story: 10-Year Record of BTS”, Anton Hur. Pemilik nama asli Kim Namjoon itu disebut punya andil dalam dunia sastra Korea berkat pengaruhnya dalam membuat orang tertarik membaca buku.

Baru-baru ini, Hur terlibat wawancara di Festival Sastra Emirates oleh seorang konten kreator Deema Abu Nasser. Dalam klip yang diposting di akun @deemalovesdrama, Hur menjelaskan mengapa RM menjadi tokoh kunci dalam sastra Korea. Menurutnya, RM menyelamatkan sastra Korea karena telah memperkenalkan karya menakjubkan yang tidak banyak dikenali orang menjadi populer.

Berdasarkan pengalamannya, Hur menemukan buku karya Lee Seong Bok dengan topik yang tidak jelas dan berisi kata-kata mutiara tentang penulisan puisi hingga membuatnya ingin menerjemahkan buku tersebut. Kala itu Hur kesulitan menemukan penerbit yang mau bekerja sama dengannya untuk buku tersebut.

Sebelum bukunya terbit satu bulan berikutnya, RM secara tidak sengaja memposting isinya ke media sosial. Karena aksi RM ini, buku yang diterjemahkan Hur habis terjual hingga cetakan kedua.


RM BTS Disebut Selamatkan Sastra Korea Berkat Pengaruhnya

Source: Instagram

Padahal, Hur mengungkap bahwa karya itu tidak seterkenal itu Korea dan di kalangan orang yang akrab dengan Lee Seong Bok. Pengaruh RM ini membuat “The Summer’s End” karya Lee Seong Bok ini laris saat sebelumnya buku itu hampir tidak pernah terdengar sebelumnya.

Mengungkapkan rasa terima kasihnya, Hur mengatakan, “Aku sangat bersyukur RM telah menyelamatkan sastra Korea. Terima kasih ARMY, kalian sudah menyelamatkan sastra Korea.”

Setelah video Hur mendapat perhatian di X (dulunya Twitter), Hur dengan berani berkata, “Bukan hanya Korea saja yang punya Namjoon, dia sebenarnya milik seluruh dunia, tapi kurasa aku, Sandy Joosun Lee, dan Damion Searls adalah satu-satunya penerjemah bahasa Inggris yang menyadarinya haha.”

Sementara itu, RM dan member BTS lainnya sedang menjalani wajib militer. Mereka diperkirakan akan kembali beraktivitas sebagai grup setelah semua member selesai wamil pada 2025 mendatang.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait