Ryu Jun Yeol Dicecar soal Status Aktivis Lingkungan usai Hadiri Kompetisi Golf
Instagram/ryusdb
Selebriti

Ryu Jun Yeol menarik lebih banyak hujatan usai terlihat di kompetisi golf sebagai caddy dari atlet Kim Joo Hyung. Padahal, mantan Han So Hee itu aktivitas Greenpeace dan golf dianggap merusak lingkungan.

WowKeren - Ryu Jun Yeol memantik kemarahan publik sekali lagi lantaran muncul di sebuah kompetisi golf. Dengan status aktivitas lingkungan dan duta Greenpeace, mantan kekasih Han So Hee itu disebut tidak punya pendirian karena pergi main golf.

Pada Rabu (10/4), Jun Yeol terlihat menghadiri Kontes Par3 di Augusta National Golf Club di Georgia, Amerika Serikat. Ia muncul sebagai caddy pemain golf profesional, Kim Joo Hyung.

Ryu Jun Yeol Dicecar soal Status Aktivis Lingkungan usai Hadiri Kompetisi Golf

Source: Yonhap News

Kedatangan Jun Yeol pun memicu kritik karena sang aktor adalah duta Greepeace untuk Asia Timur yang pertama. Adapun korelasi antara partisipasi golf Jun Yeol dan perannya sebagai duta yaitu lantaran keduanya tidak selaras.

Sebagai duta Greenpeace sekaligus aktivits lingkungan, Jun Yeol seharusnya mendukung aktivitas keberlanjutan dan pencegahan perubahan iklim. Namun, ia malah aktif main golf yang dianggap para aktivis merusak lingkungan.

Alasan utama golf dikecam aktivitas lingkungan adalah penggunaan 200 juta galon air per tahun untuk perawatan. Selain itu, ada penggunaan bahan kimia, air, dan sumber daya lainnya agar golf tetap murni juga dianggap mengancam kualitas lingkungan.

Maka dari itu, Jun Yeol dicecar oleh netizen tentang apa yang menjadikannya alasannya tetap main golf sekaligus berperan sebagai aktivis lingkungan. Aktor itu terang-terangan dituding munafik karena melakukan keduanya sekaligus alih-alih betulan berperan bagi lingkungan.


webp

Source: Instagram

"Maksudku, kenapa dia tidak hidup sebagai pegolf yang rajin saja? Mengapa dia mencoba melakukan keduanya (menyelamatkan planet dan golf)?," kata salah satu netizen. "Apakah dia gila?" sahut netizen lain. "Topengnya sudah hancur lebur," imbuh yang lain.

"Wow, aku ingin muntah," komentar seorang netizen. "Greenpeace harus mengganti namanya menjadi Greendisaster. Aku benci mereka," sambung netizen yang lain. "Kita tidak boleh membiarkan orang seperti dia menghasilkan uang, huh," ujar lainnya.

Sementara itu, Jun Yeol baru-baru ini sedang ramai dibicarakan termasuk soal pernyataannya yang tidak konsisten. Saat ia menjadi duta Greenpeace, sang aktor justru menunjukkan gaya hidup yang tidak ramah lingkungan. Dari sanalah, ia dituduh melakukan “greenwashing” yang artinya menunjukkan citra ramah lingkungan tetapi melakukan aksi yan berdampak buruk pada lingkungan.

Lewat aktivias Instagram-nya, Jun Yeol sering mengecam penggunaan plastik di Korea. Perhatiannya terutama tertuju soal penjual makaann yang mengemas buah dan sayur dalam plastik. Meskipun ia membawa peralatan makan sendiri untuk mengurangi pastik, ia mengaku bahwa manajer yang mencucikannya.

Baru-baru ini, Jun Yeol tergabung dalam kampanye “Aku Beruang Kutub” yang mempromosikan pencegahan bencana iklim. Namun, partisipasi sang aktor terancam dibatalkan karena ia rajin main golf yang tidak sesuai dengan visi misi gerakan.

Karena tuduhan "Greenwashing" ini, Jun Yeol sempat ditinjau ulang statusnya sebagau duta oleh Greenpeace. Namun, perusahaan non-profit itu belum memberikan keterangan lebih lanjut soal kelanjutan status duta. Saat ini, Jun Yeol diharapkan dicopot oleh organisasi tersebut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait