Skandal Burning Sun yang Kembali Viral Seret Nama Presiden Yoon Seok Yeol
Selebriti

Kembali viral karena dokumenter BBC, skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri, hingga grup chat Jung Joon Young, Choi Jong Hoon, dkk menyeret nama Presiden Yoon Seok Yeol karena jabatannya di masa lalu.

WowKeren - Sejak dokumentar “Burning Sun” dari BBC dirilis, kasus yang menjerat Seungri, Jung Joon Young, Choi Jong Hoon eks F.T. Island dan masih banyak selebriti lain kembali viral. Sehubungan dengan diskusi yang lahir karena skandal ini viral lagi, Presiden Korea Yoon Seok Yeol terseret karena jabatannya di masa lalu.

Pada Senin (20/5/2024), komentar-komentar dari YouTube dokumenter “Burning Sun” itu menjadi pembahasan di forum online. Hal ini dikarenakan salah satu komentar netizen mengajak sesamanya menggali ingatan siapa yang menjabat sebagai jaksa saat skandal Burning Sun meledak.

Di antar komentar-komentar itu, salah satu yang menarik perhatian berbunyi, “Mengapa insiden besar Burning Sun ini terkubur? Siapa jaksa yang menangani kasus ini? Mengetahui hal itu akan menjelaskan mengapa kasus ini disembunyikan seperti ini.”

Saat ditelusuri ternyata pada saat kasus Burning Sun bergulir hingga Seungri, Joon Young, dan Jong Hoon diadili, ketua jaksa yang menanganinya adalah presiden Korea terpilih saat ini. Netizen pun berdiskusi bagaimana kasus seperti ini bisa dengan mudah terkubur.

Sebelum mengikuti bursa pencalonan presiden, Presiden Yoon menjabat sebagai Jaksa Agung Korea Selatan periode 25 Juli 2019 sampai dengan 4 Maret 2021. Pada periode itu, para pelaku yang terlibat dengan Burning Sun diadili dan dijatuhi hukuman.

Skandal Burning Sun yang Kembali Viral Seret Nama Presiden Yoon Seok Yeol

Source: TheQoo


Dari hasil persidangan, para tersangka yang terkait skandal Burning Sun hingga Golden Phone sudah bebas karena hukuman mereka cenderung ringan. Seungri yang ditetapkan tersangka penyedia jasa prostitusi dan sederet tuduhan lain kini sudah bebas. Joon Young dan Jong Hoon yang terbukti bersalah karena melakukan perkosaan ramai-ramai, merekam secara ilegal, dan menyebarkan videonya kini pun telah dibebaskan.

Karenanya, netizen setuju dengan komentar yang menyebutkan bahwa BBC memberikan pencerahan baru soal Burning Sun. Mereka menganggap kasus ini tidak bisa dilupakan begitu saja karena sistem tidak bisa mengadili para pelaku sebaik-baiknya.

"Ah jadi Yoon Seokyeol adalah jaksanya??? Wow f*ck mereka semua terhubung," kata salah satu netizen. "Hul?????????? Wow jadi jaksa yang bertanggung jawab adalah Yoon Seokyeol?????????? Ini pertama kalinya aku mengetahuinya," sahut netizen lain. "Presiden saat ini adalah jaksa......," imbuh yang lain.

"Yoon Seokyeol sungguh berantakan...," komentar seorang netizen. "Aku juga baru tahu tentang ini, wow," sambung netizen yang lain. "Pantas saja Seungri merasa tidak tersentuh," ujar lainnya.

Selain itu, komentar di kolom YouTube dokumenter itu juga menceritakan bagaimana pengacara kekerasan seksual (KS) mencari banyak uang di sana. Mereka bisa menghasilkan banyak uang dengan menjadikan pengakuan korban sebagai “tuduhan tidak berdasar”. Jasa pengacara semacam ini akan dibayar lebih mahal jika pelaku masih muda karena orangtuanya khawatir dengan masa depan anak.

Karena tiadanya ruang bagi korban KS membuktikan pengakuannya, netizen menganggap turunnya angka kelahiran adalah wajar. Apalagi perempuan yang menjadi korban tidak punya banyak suara dan pelaku hanya dikenakan hukuman ringan.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait