Suga BTS Hingga Soyeon (G)I-DLE Raup Pendapatan Fantastis dari Hak Cipta Lagu
Instagram/agustd/tiny.pretty.j
Musik

Suga hingga Soyeon mendapat banyak keuntungan dari lagu-lagu yang mereka tulis dan aransemen sendiri. Menurut penyanyi Lee Seung Chul, uang yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta won per bulan.

WowKeren - Suga BTS hingga Soyeon (G)I-DLE masuk dalam daftar penyanyi dengan penghasilan tinggi berkat biaya hak cipta musik. Menurut K-media, Suga, Soyeon, Lee Seung Chul, dan Ahn Ye Eun dapat membeli mobil impor keluaran ternama hanya dalam sebulan mengumpulkan uang dari biaya hak cipta lagu.

Fakta ini dibongkar oleh penyanyi Lee Seung Chul saat menjadi bintang tamu di acara "My Little Old Boy" yang tayang pada Minggu (26/5). Ia membocorkan barang apa yang dapat dibelinya dari hasil hak cipta lagu tersebut.

"Istriku yang mengelola semua biaya hak cipta. Yang bisa kudapatkan sekitar satu mobil asing (impor) hanya dalam waktu sebulan," ujar Seung Chul yang sukses membuat semua orang tercengang.

Seung Chul dikenal luas sebagai seorang penyanyi. Ia juga seorang kreator yang ikut serta langsung dalam menulis dan mengaransemen lagunya sendiri. Menurut Asosiasi Musik, Seung Chul menerima biaya hak cipta untuk total 128 lagu dengan berpartisipasi dalam menulis dan mengaransemen lirik, termasuk "Heeya", "Western Sky", dan "There Is No One Else Like That".

Penyanyi 57 tahun itu juga termasuk sebagai anggota tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA). Setiap tahun, KOMCA mempromosikan 30 anggota baru berdasarkan jumlah royalti hak cipta. KOMCA menyatakan ada berbagai kriteria selain jumlahnya, namun diketahui bahwa komposer musik populer dipromosikan berdasarkan jumlah royalti hak cipta tertinggi selama tiga tahun terakhir.

Dalam kasus anggota tetap aktif, ada kasus di mana biaya hak cipta dibayarkan sebesar puluhan juta won per bulan, seperti yang dikatakan oleh Seung Chul. Hal ini juga berlaku untuk Suga yang telah mendaftarkan total 169 lagu sebagai karya berhak cipta dan menerima biaya hak cipta.

Suga mulai mengerjakan MIDI pada usia 13 tahun saat ia duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Ia mendapatkan uang jajan dengan mengaransemen lagu-lagu sekolah saat ia menjadi siswa Sekolah Menengah. Sementara itu, ia bercita-cita menjadi komposer dan produser daripada penyanyi.

Suga mengungkapkan bahwa selama masa pelatihannya, dia mengembangkan keterampilannya dengan menulis satu lagu setiap hari yang ia sebut dengan "1DAY 1VERSE". Pemilik nama asli Min Yoongi ini juga telah berpartisipasi dalam menulis dan menggubah beberapa lagu hits BTS, termasuk "I Need U", "Run BTS", "ON", dan "Boy With Luv" bersama RM dan J-Hope.

Sementara untuk Soyeon, ia juga mendapatkan penghasilan yang tak jauh berbeda dengan Suga. Meski baru mendaftarkan sekitar 60 lagu dengan hak cipta, tapi penghasilan yang didapat leader (G)I-DLE ini juga tak kalah besar. Lalu Ahn Ye Eun sejauh ini telah mendaftarkan 126 karyanya untuk mendapatkan penghasilan atas biaya hak cipta.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait