Jang Wonyoung IVE Gak Minat Beri Keringanan meski Jadwal Banding Sojang Sudah Ditetapkan
Instagram/for_everyoung10
Selebriti

Kasus hukum yang melibatkan YouTuber Sojang, semakin memanas. Tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Jang Wonyoung IVE dan Kang Daniel menjadi fokus perhatian publik.

WowKeren - Jang Won Young IVE tidak berminat kasih ampunan menjelang sidang banding YouTuber Sojang. Mantan center IZ*ONE itu tetap menuntut ganti rugi besar untuk memberikan efek jera terhadapnya.

Menurut Star News pada 12 Juni, Pengadilan Distrik Pusat Seoul menjadwalkan sidang banding pertama untuk 4 September dalam gugatan ganti rugi yang diajukan oleh Wonyoung terhadap Park Joo Ah, seorang wanita berusia 30-an yang menjalankan saluran YouTube "Sojang".

Sejak November 2022, Wonyoung dan Starship Entertainment telah mengejar tuntutan perdata dan pidana terhadap Sojang, termasuk tuntutan di luar negeri.

Sojang dituduh berulang kali memposting video yang mencemarkan nama baik tentang Wonyoung dan selebriti lainnya di salurannya dari Oktober 2021 hingga Juni 2023. Ia diduga menciptakan dan menyebarkan rumor seperti "Kecemburuan Jang Wonyoung menyebabkan pembatalan debut rekan trainee".

Jaksa percaya Sojang memperoleh sekitar 250 juta won (sekitar Rp2,9 miliar) dari salurannya. Ia mengkonfirmasi bahwa ia menggunakan sebagian dari pendapatan tersebut untuk membeli properti.

Pada Oktober tahun lalu, Jang Wonyoung dan Starship mengajukan gugatan ganti rugi karena fitnah serius akibat penyebaran informasi palsu. Mereka memenangkan sebagian gugatan tersebut, menerima ganti rugi sebesar 100 juta won (sekitar Rp1,17 miliar).

Sojang bagaimanapun, telah menyewa pengacara dan mengajukan banding terhadap putusan tersebut, mengklaim tidak bersalah dan mencari penundaan eksekusi ganti rugi. Asetnya saat ini berada di bawah penyitaan sementara, yang mencegahnya menjual properti untuk memastikan bahwa keuntungan yang diperoleh dari kejahatan tidak disembunyikan sebelum putusan final.

Selain Wonyoung, Sojang juga dilaporkan oleh Kang Daniel. Usai persidangan atas kasusnya dengan Daniel, Dispatch malah terlibat kejar-kejaran dengan YouTuber tersebut.

Pada Senin (27/5/2024), Sojang menghadiri sidang atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Daniel. Saat dihampiri Dispatch, Sojang langsung berlari menjauh hingga dikejar oleh para reporter.

Namun, mereka berhasil mendapatkan foto wajah YouTuber tersebut walaupun harus diblur. Pihak Dispatch mengejar Sojang yang berlari begitu kencang hingga hampir kehilangan jejaknya. Rupanya YouTuber gosip itu menolak untuk diwawancarai. Alhasil, Dispatch merilis foto perdana Sojang melalui kanal resmi mereka. Dalam foto tersebut, Sojang berusaha untuk menutupi wajahnya.

Mengenai persidangan Sojang hari itu, Daniel mengajukan tuntutan atas tuduhan pencemaran nama baik. Mantan center Wanna One itu merasa difitnah dengan salah satu kontennya berjudul “Kehidupan pribadi kotor aktor dan idol kekasih nasional” yang diunggah pada 15 Juni 2022. Meskipun mengaku membuat dan memposting video tersebut, Sojang mengklaim tidak mengetahui konten videonya palsu. Ia mengklaim bahwa itu bukan fitnah, karena dia yakin itu benar.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait