Objektifikasi NewJeans di PUBG Buat Agensi dan Perusahaan Game Ambil Tindakan Tegas
X/NewJeans_ADOR
Selebriti

Kolaborasi antara Krafton dan NewJeans sukses mencuri perhatian banyak penggemar. Namun, di balik kesuksesan tersebut, terdapat beberapa isu yang perlu diperhatikan.

WowKeren - Belakangan, NewJeans tengah menjadi perhatian karena karakter mereka dalam gim PUBG: Battleground telah dijadikan objek seksual. Mengetahui bahwa para member menjadi sasaran pelecehan, pihak agensi dan game murka.

Pada Kamis (20/6/2024), perusahaan developer game Krafton dan ADOR selaku NewJeans mengeluarkan pernyataan resmi terkait konten yang tidak pantas yang dibuat dan dibagikan oleh beberapa pengguna menggunakan karakter dari para member. Mereka menegaskan, "Perilaku ini tidak sesuai dengan citra dan nilai-nilai kedua pihak dan tidak menyenangkan bagi semua penggemar."

Untuk mengatasi masalah ini, ADOR dan Krafton mengumumkan tindakan tegas. Menurut mereka, perlu dilakukan tindakan agar lingkungan gaming menjadi lebih sehat dan tidak merugikan pihak lain.

"Kami akan mengambil tindakan yang sesuai terhadap item yang tidak sejalan dengan niat kolaborasi ini. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat di dalam game, dengan memastikan semua pengguna dapat menikmatinya dengan aman," lanjut mereka.

Krafton dan ADOR juga mengingatkan bahwa semua pengguna harus mematuhi pedoman komunitas PUBG. Salah satunya tentang peraturan yang melarang posting konten yang tidak pantas.

"Pelanggaran terhadap pedoman ini dapat mengakibatkan penalti yang mempengaruhi penggunaan game," ungkao mereka. "Kami sangat serius menangani situasi ini dan akan merespon secara aktif terhadap konten yang tidak pantas. Postingan yang bermasalah akan dihapus, dan pengguna yang bertanggung jawab bisa menghadapi pembatasan dalam aktivitas komunitas mereka."

Seperti yang diakui oleh ADOR dan Krafton, "Pakaian tersebut dirancang berdasarkan rating game (15+), memastikan mereka tidak melebihi level kostum panggung idol. Namun, kami tidak sepenuhnya mengantisipasi potensi beberapa pengguna untuk menyalahgunakan konten in-game yang sudah ada dengan cara yang tidak pantas, yang telah merusak niat kolaborasi ini."

Mereka menambahkan, "Baik ADOR, yang memprioritaskan perlindungan artis dan menghormati fandom, maupun Krafton, yang bertujuan memberikan pengalaman inovatif dan menyenangkan melalui konten game, memiliki tujuan yang sama dalam melindungi artis dan mempromosikan budaya komunitas yang sehat dan positif."

Sebelumnya, forum online dihebohkan dengan postingan pelecehan seksual terhadap member NewJeans. Baik dari ucapan maupun cara pengguna mendandani karakter itu, ditemukan bahwa beberapa di antara mereka punya sudut pandang mengerikan yang disalurkan dari permainan itu.

Meskipun dinodai oleh kasus pelecehan terhadap karakter NewJeans, kolaborasi ini meraup kesukesan besar. Di antara pengguna, ada laporan yang menyebutkan bahwa untuk memperoleh semua anggota NewJeans dalam game, memerlukan biaya sekitar 500 ribu won (sekitar Rp5,9 juta). Meskipun harganya relatif tinggi, kolaborasi ini mendapat dukungan kuat dari penggemar PUBG dan NewJeans, yang menyebabkan kenaikan harga saham Krafton.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait