Aishwarya Rai Profile
Aishwarya Rai Profile Photo

Aishwarya Rai

Profesi
Aktris, model
Nama Asli
Aishwarya Krishnaraj Rai
Tgl Lahir
Nov 1, 1973
Lahir di
Mangalore, Karnataka, India
Profesi
Aktris, model
Populer
Menyandang gelar Miss World (1994)
Tempat Lahir
Mangalore, Karnataka, India
Tinggi Badan
170
Kewarganegaraan
India
Warna Rambut
Coklat
Warna Mata
Biru kehijauan
Ayah
Krishnaraj Rai (m. 18-Mar-17, kanker)
Pekerjaan Ayah
Perwira Kapal Dagang
Ibu
Vrinda Rai
Pekerjaan Ibu
Penulis
Pendidikan
  • Bersekolah di DG Ruparel College, Mutanga, Mumbai, India
  • Bersekolah di Raheja College, jurusan Arsitektur
Saudara
Aditya Rai (kakak)
Suami/Istri
Abhishek Bachchan (aktor, sejak 20-Apr-07)
Kekasih
Salman Khan (aktor, 1999-2001), Vivek Oberoi (aktor, 2004 - 2006)
Anak-anak
Aaradhya Bachchan (perempuan, L. 16-Nov-2011)
Populer Sejak
Menyandang gelar Miss World (1994)

Aishwarya Rai mengawali karirnya lewat dunia modelling. Awalnya ia memenangkan kontes supermodel yang diadakan Ford, 1991. Namanya semakin dikenal publik saat ia merebut gelar Juara 2 Miss India dan meraih gelar Miss World 1994.

Aktris yang akrab disapa Rai ini juga merambah ke dunia layar lebar. Film pertamanya adalah "Iruvar" (1991). Karir aktingnya mulai melejit saat membintangi film "Hum Dil De Chuke Sanam" (1999). Film besutan Sanjay Leela ini menceritakan tentang kisah cinta segitiga antara Rai, Salman Khan dan Ajay Devgan. Berkat film ini juga Rai berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai Best Actress dalam ajang FilmFare Award 1999.

Sepanjang karirnya Rai telah membintangi lebih dari 40 film. Beberapa filmnya sukses besar di India. Salah satunya "Mohhabatein" (2000) yang ia bintangi bersama Shahrukh Khan. Film ini sukses menjadi film kedua dengan keuntungan tertinggi tahun itu.

Akting Rai semakin diakui di kancah internasional saat ia membintangi film "Guru" (2007). Bermain bersama Abhishek Bachchan, film ini sukses menjadi box office di India maupun Amerika dan Inggris.

Rai sempat menjalin hubungan dengan Salman Khan setelah mengalami cinta lokasi dalam film "Hum Dil De Chuke Saanam". Namun sayang hubungan tersebut hanya bertahan selama 2 tahun saja. Rai akhirnya mengakhiri masa lajangnya setelah dipersunting oleh putra Amitabh Bachchan, Abhisek, pada 2007. Dari pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai seorang putri bernama Aaradhya Bachchan.

Bintang film "Devdas" ini juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia kerap kali membantu korban bencana alam. Salah satunya adalah dengan membuat konser untuk membantu korban Tsunami tahun 2004. Ia juga mendirikan Aishwarya Rai Foundation untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di India.