Andik Vermansyah Profile
Andik Vermansyah Profile Photo

Andik Vermansyah

Profesi
Atlet bola
Tgl Lahir
Nov 23, 1991
Lahir di
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Profesi
Atlet bola
Populer
Menjuarai Liga Pemuda Regional Jawa Timur dengan klub "Persebaya U-18" (2007)
Tempat Lahir
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Tinggi Badan
162
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Saman
Pekerjaan Ayah
Pekerja bangunan
Ibu
Jumiah
Pekerjaan Ibu
Penjahit
Kekasih
Tiara Darmawanti
Populer Sejak
Menjuarai Liga Pemuda Regional Jawa Timur dengan klub "Persebaya U-18" (2007)

Andik Vermansyah merupakan penyerang dan gelandang kelahiran Jember, Jawa Timur, 23 November 1991, dari pasangan Saman dan Jumaiyah. Saat ini ia tercatat sebagai pemain yang memperkuat tim Persebaya 1927.

Pemain sepak bola bertubuh mungil ini mengaku sudah menekuni dunia bola semenjak dirinya masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar. Berawal dari hobi, pemain Persebaya bernomor-punggung 10 tersebut membela tim sepak bola yang ada di kota kelahirannya bernama Dwikora. Andik terus berusaha merealisasikan impiannya menjadi pesepakbola handal dengan mengikuti seleksi pemain Persebaya Surabaya. Berbekal hobi dan potensinya tersebut, Andik dapat menembus skuad pemain Persebaya U-18.

Sebelum resmi menandatangani kontrak dengan tim Persebaya, Andik telah menorehkan berbagai prestasi bersama setiap tim yang dibelanya. Salah satunya, Andik sukses membawa Surabaya sebagai juara I "Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) 2007". Ketika sudah berseragam Persebaya, Andik dan timnya juga berhasil menjawarai kompetisi "Liga Remaja Regional Jawa Timur 2007".

Setelah memperkuat tim Persebaya selama dua tahun, Andik terpilih dan dipercaya sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia U-23 yang diturunkan di kompetisi SEA Games 2011. Nama Andik pun melejit setelah aksinya di rumput hijau kompetisi tingkat regional Asia Tenggara tersebut.

Berkat kepiawaiannya menggiring bola dan menembus pertahanan lawan, mantan pelajar SMA Sejahtera 1 Surabaya itu menerima kehormatan sebagai pemain yang memperkuat skuad Timnas melawan LA Galaxy. Andik menerima banyak pujian dan acungan jempol atas aksi di pertandingan yang mempertemukannya dengan bintang sepak bola dunia, David Beckham. Pujian bahkan datang dari pelatih LA Galaxy, Bruce Arena. Dirinya semakin bangga setelah Beckham menghadiahi kaos miliknya sebagai permintaan maaf atas tackling yang dilakukan Beckham saat pertandingan.

Dengan gayanya di lapangan hijau yang membuat dirinya disebut sebagai "Messi-nya Indonesia", Andik sanggup membuat klub besar dunia, seperti Benfica dan Reggina, meliriknya. Namun rumor itu dibantah Andik karena ia telah melakukan penandatanganan kontrak dengan Persebaya sampai 2013. Meski demikian, Andik tak membantah jika dirinya ingin go international.

Keinginan Andik untuk merumput di luar negeri terkabul sudah. Berbagai tawaran dari klub luar negeri berdatangan ketika masa kontraknya berakhir dengan Persebaya 1927. Namun pada akhirnya Andik lebih memilih bergabung dengan skuad Malaysia, Selangor FA. Ia mulai merumput bersama klub di bawah kepelatihan Mehmet Durakovic ini mulai Januari 2014 dan berperan sebagai penyerang.

"Sejujurnya, saya mendapatkan tawaran dari dua tim lain (J-League Jepang dan Ventfroet Kofu), tetapi hati saya lebih memilih bermain bersama Selangor," cerita Andik. "Selangor adalah klub yang mempunyai nama besar di sepakbola Malaysia dan apabila peluang datang, saya tidak mau menolaknya."


Loading...