Kumpulan Berita dan Gosip Edward Norton
Edward Norton Profile
Edward Norton Profile Photo

Edward Norton

Profesi
Aktor
Nama Asli
Edward Harrison Norton
Tgl Lahir
Aug 18, 1969
Lahir di
Boston, Massachusetts, AS
Profesi
Aktor
Populer
Membintangi film "Primal Fear" (1996)
Tempat Lahir
Boston, Massachusetts, AS
Tinggi Badan
183
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Coklat
Ayah
Edward Norton Sr.
Pekerjaan Ayah
Pengacara
Ibu
Robin Norton (wafat 1997)
Pekerjaan Ibu
Guru Bahasa Inggris
Pendidikan
  • Lulus dari Wilde Lake High School, Columbia, Maryland tahun 1987
  • Lulus dari Yale University, New Haven, Connecticut tahun 1991 dengan gelar B.A. degree in history
Saudara
James Norton (adik) dan Molly Norton (adik)
Suami/Istri
Shauna Robertson (produser)
Kekasih
Courtney Love (penyanyi, 1996 - 1999), Salma Hayek (aktris, 1999 - 2003)
Populer Sejak
Membintangi film "Primal Fear" (1996)

Edward Harrison Norton atau yang akrab disapa Edward Norton lahir di Boston 18 Agustus 1969. Ayahnya Edward Mower Norton, Jr. bekerja sebagai pengacara perlindungan lingkungan dan konservasi di Asia dan mantan jaksa penuntut umum. Sementara ibunya Lydia Robinson merupakan guru bahasa Inggris (meninggal karena tumor otak tahun 1997). Edward memiliki dua adik yakni James Norton dan Molly Norton.

Bakat akting Edward telah muncul saat dia masih beranjak remaja. Tak hanya piawai berakting, Edward juga mahir berbahasa Jepang yang dipelajarinya ketika dia magang di perusahaan kakeknya di Osaka, Jepang. Demi mengembangkan bakatnya, Edward memutuskan untuk mempelajari akting dan drama di teater Broadway.

Dia kemudian berhasil mengawali debutnya sebagai aktor lewat film thriller terkenal "Primal Fear" (1996). Tak tanggung-tanggung, di film pertamanya itu, Edward langsung berakting dengan aktor senior Richard Gere. Berkat film tersebut, dia berhasil meraih nominasi penghargaan pertamanya di ajang Oscar untuk kategori Best Supporting Actor. Edward juga meraih nominasi kategori Best Villain di ajang MTV Movie Award.

Setelah sukses memulai karirnya, Edward tampil membintangi sejumlah film terkenal seperti "American History X" (1998), " Fight Club" (1999), "Red Dragon" (2002), "The Italian Job", "The Illusionist", "The Incredible Hulk", "Pride and Glory" dan "Leaves of Grass". Juli 2010, Edward batal memerankan karakter Bruce Banner/The Hulk di film superhero adaptasi komik Marvel, "The Avengers". Menurut Kevin Feige, pimpinan produksi Marvel Studios, keputusan untuk mengeluarkan Edward dari daftar pemain dikarenakan tuntutan untuk mendapatkan aktor kreatif yang bisa bekerja sama dengan pemeran lain.

Terkait hal itu, agen Edward sempat mengungkapkan bahwa pernyataan Kevin tersebut bisa menimbulkan dampak negatif bgai citra kliennya. Namun, Edward menegaskan bahwa dirinya tak terlalu mempermasalahkan hal tersebut meski mengaku merasa sedih karena batal bermain film "The Avengers".

Di kehidupan pribadi, Edward dikenal sebagai aktor yang tertutup dan jarang mengumbar detil kisah asmaranya. Tahun 1996 hingga 1999, dia pernah menjalin kasih dengan penyanyi Courtney Love. Usai hubungannya dengan Courtney kandas, Edward pun berkencan dengan Salma Hayek. Sayangnya hubungan yang berjalan empat tahun tersebut kandas di tahun 2003. Tiga tahun kemudian, aktor yang kini berusia 40 tahun itu menjalin kasih dengan produser film Shauna Robertson.