Kaka Profile
Kaka Profile Photo

Kaka

Profesi
Pemain sepakbola
Nama Asli
Ricardo Izecson dos Santos Leite
Tgl Lahir
Apr 22, 1982
Lahir di
Brasalia, Brazil
Profesi
Pemain sepakbola
Populer
Membawa AC Milan meraih Scudetto tahun 2003
Tempat Lahir
Brasalia, Brazil
Tinggi Badan
186
Kewarganegaraan
Brazilian
Warna Rambut
Hitam
Ayah
Bosco Izecson Pereira Leite
Pekerjaan Ayah
Teknik Sipil
Ibu
Simone Cristina Santos Leite
Saudara
Digao (pemain bola, l. 14-Aug-85)
Suami/Istri
Caroline Celico (sejak 23-Des-05)
Anak-anak
Luca Celico Leite (l. 10-Jun-08), Isabella (l. 23-Apr-11)
Populer Sejak
Membawa AC Milan meraih Scudetto tahun 2003

Ricardo Izecson dos Santos Leite atau yang lebih dikenal dengan nama Kaka merupakan pesepakbola asal Brazil. Ia memulai karirnya dengan bergabung bersama klub San Paulo saat berumur 15 tahun. Ia berhasil mencetak 23 gol dalam 53 pertandingan bersama San Paulo.

Kemampuannya yang cemerlang membuat klub raksasa Italia, AC Milan, menyuntingnya dengan harga 8,5 juta Euro, 2003. Debutnya di AC Milan berawal dengan mulus. Ia berhasil mencetak 10 gol dalam 30 pertandingan musim itu. Permainannya yang indah membuat ia berulang kali dinominasikan untuk gelar Pemain Terbaik Dunia di FIFA Ballon d'Or. Puncaknya ia berhasil meraih Ballon d'Or 2007 usai mengantarkan AC Milan menjadi juara Liga Champions.

Kaka menjadi rebutan dua klub raksasa Real Madrid dan Manchester City pada 2009. Namun akhirnya ia memilih untuk bergabung bersama skuad arahan Jose Mourinho, Juni 2009. Kala itu proses hijrahnya Kaka ke Real Madrid menjadi pemberitaan besar dunia sepakbola karena dibeli dengan harga yang fantastis yakni 65 juta Euro (sekitar Rp 1 triliun).

Karirnya di Real Madrid terbilang cukup bagus. Ia menunjukkan taringnya saat berhasil mengeksekusi tendapan pinalti melawan Villareal dengan skor akhir 2-0, September 2009. Sayangnya Kaka harus absen selama 8 bulan di musim berikutnya akibat cedera lutut kiri. Kaka menunjukkan performa terbaiknya ketika melawan Ajax di Liga Champions 2011. Saat itu ia berhasil mencetak satu gol dan membawanya menjadi pemain terbaik dalam pertandingan tersebut. Sayangnya ia harus meninggalkan Real Madrid 29 Agustus 2013. Kaka berhasil mencetak 32 gol, 32 assists dalam 120 pertandingannya bersama Real Madrid.

Kaka akhirnya kembali ke klub yang telah membesarkan namanya, AC Milan, 2 September 2013. Ia menandatangani kontrak dengan AC Milan selama 2 tahun dengan gaji bersih 4 juta Euro per musim. Ia kemudian ditunjuk sebagai kapten dalam pertandingan keduanya melawan FC Chiasso seminggu setelahnya.

Kaka juga tak melupakan negara asalnya, Brazil, meski ia merumput di Eropa. Ia memulai debut internasionalnya bersama Timnas Brazil dalam pertandingan pertemanan melawan Bolivia, Januari 2002. Ia juga sempat bermain selama 25 menit dalam ajang Piala Dunia 2002 melawan Kostarika.

Kaka turut serta membela Brazil di ajang Piala Dunia 2006. Bahkan ia dianugerahi Man of the Match usai mencetak gol satu-satunya ke gawang Kroasia. Sayangnya Kaka harus menerima kenyataan pahit di Piala Dunia 2010. Ia terpaksa keluar dari pertandingan usai menerima kartu merah karena melakukan tindakan pelanggaran menyikut pemain Pantai Gading, Abdul Kader Keita.

Kaka juga diketahui sebagai orang yang sangat religius. Ia dikenal suka memakai kaos bertuliskan I Belong to Jesus. Selain itu gaya selebrasinya yang selalu menunjuk tangan bersyukur kepada Tuhan menjadi trademark dari seorang Kaka.

Pemain yang hobi mendengarkan musik gospel ini juga dikenal berbeda dengan pemain-pemain sepakbola lainnya yang sering terlibat skandal dengan wanita. Ia justru menunjukkan kesetiaannya kepada Caroline Celico, wanita yang ia nikahi sejak tahun 2005. Kaka kemudian dikaruniai dua orang anak dari hasil pernikahannya tersebut bernama Luca Celico Leite dan Isabella.