Moon Geun Young Profile
Moon Geun Young Profile Photo

Moon Geun Young

Profesi
Aktris, model
Tgl Lahir
May 6, 1987
Lahir di
Gwangju, Korea Selatan
Profesi
Aktris, model
Populer
Berperan sebagai Eun-suh kecil di "Autumn in My Heart" (2000)
Tempat Lahir
Gwangju, Korea Selatan
Tinggi Badan
162
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Pendidikan
  • Lulus dari Sungkyunkwan University, jurusan Sastra Korea
Kekasih
Kim Bum (aktor, Okt-13 - 2014)
Populer Sejak
Berperan sebagai Eun-suh kecil di "Autumn in My Heart" (2000)

Moon Geun Young adalah artis dari Korea Selatan yang lahir di Gwangju, Joellanam, 6 Mei 1987. Dia merupakan bungsu dari dua bersaudara.

Akting menjadi kecintaan Geun Young sejak kecil. Dia sering terlibat pentas teater dan acara-acara sekolah semasa SD. Geun Young kecil juga tergabung ke sebuah sekolah akting di daerah asalnya sejak kelas 4 SD.

Sambil memperdalam bakatnya berakting, pihak sekolah akting mengirim profil Geun Young untuk beberapa acara casting. Itulah yang menjadi awal karirnya sebagai bintang iklan.

Geung Young pertama kali akting di drama "Potato" (1999). Dia juga terlibat dalam film dokumenter arahan sutradara Choi Jae Eun, "On The Way".

Moon Geun Young melejit lewat perannya di "Endless Love" atau "Autumn in My Heart" (2000). Drama yang juga dibintangi Song Hye Kyo, Song Seung Heon dan Won Bin ini sukses menyita perhatian publik. Serial drama ini tak hanya populer di Korea Selatan namun juga di negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Dari situlah Geun Young memenangkan Best Young Actress ajang KBS Drama Awards 2000.

Kesuksesan Geun Young berlanjut di proyek layar lebar perdananya, "A Tale of Two Sisters" (2003). Film arahan sutradara Kim Ji Woon itu semakin melejitkan Geun Young dengan berhasil menjadi film horor terlaris di Korea Selatan tahun 2000. Film tersebut pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop Amerika.

Popularitas Moon Geun Young membawa sebagian proyeknya menjadi hits. Perannya di film "My Little Bride" (2004) sukses membuat film tersebut menempat posisi kedua film terpopuler di Korea Selatan 2004. Rilis film tersebut diikuti oleh pemberian gelar National Little Sister padanya. Gelar tersebut didapatkan atas penampilan Geun Young yang selalu terlihat innocent dan tampak lebih muda dari usianya.

Geun Young kembali meraup sukses di film "Innocent Steps" (2005). Penampilannya di judul itu membuatnya menempati posisi pertama aktris dengan tiket penjualan terbanyak di industri film Korea. Dia juga menyabet penghargaan Good Model Award 2005 dari Asosiasi Periklanan Korea.

Aktris yang hobi mendengarkan musik ini kembali menyapa penggemarnya di layar kaca lewat "Painter of the Wind" (2008). Comeback-nya di televisi mengganjar dirinya dengan sederet penghargaan meliputi Best Actress (Grimae Awards 2008), Best TV Actress (Baeksang Arts Awards 2009) dan Daesang (SBS Drama Awards 2008). Geun Young tercatat sebagai penerima Daesang atau "Grand Prize Awards" termuda di tiga stasiun TV besar Korea, KBS, SBS dan MBC.

Di 2013, Moon Geun Young terlibat drama "Goddess of Fire". Di serial tersebut ia berperan sebagai seorang seniman keramik hebat Dinasti Joseon bernama Baek Pa Sun. Serial tersebut sukses menyedot perhatian masyarakat Korea dengan rating tertinggi di episode perdananya.

Namun sukses "Goddess of Fire" yang juga dibintangi Lee Kwangsoo "Running Man" itu diikuti insiden kecelakaan. Geun Young mengalami cidera saat syuting akibat kejatuhan properti syuting. Insiden itu pun sempat menghentikan proses syuting beberapa waktu.

Mengenai kehidupan pribadinya, Moon Geun Young terlibat cinta lokasi dengan Kim Bum. Kabar yang menyeruak 1 November 2013 itu dijelaskan sebagai kelanjutan peran keduanya sebagai sepasang kekasih di drama "Goddess of Fire" yang baru saja mereka selesaikan. Kabar tersebut telah dikonfirmasi kedua belah pihak lewat manajemen masing-masing.

"Memang benar Moon Geun Young pacaran dengan Kim Bum," kata perwakilan agensi Geun Young. "Mereka mulai saling suka saat syuting serial MBC 'Goddes of Fire'. Sudah sebulan lamanya mereka berpacaran."

Demikian juga agensi Kim Bum. Pihaknya membenarkan berita bahwa Kim Bum memang pacaran dengan Geun Young. "Mereka mulai pacaran di awal Oktober. Saat ini mereka terbang ke Eropa bersama beberapa kenalan," kata perwakilan agensi Kim Bum, King Kong Entertainment.

Loading...