Biografi Rupert Grint

Rupert Alexander Lloyd Grint atau yang lebih akrab disapa Rupert Grint, adalah putra Nigel Grint, seorang pedagang memorabilia (barang-barang peninggalan orang terkenal), dan Jo Parsons, ibu rumah tangga. Rupert mempunyai seorang adik laki-laki, James, dan tiga adik perempuan yakni Georgina, Samantha, and Charlotte.

Semasa kecil, aktor kelahiran 24 Agustus 1988 itu merupakan penggemar berat buku seri "Harry Potter" karangan J.K. Rowling. Itulah kenapa Rupert mencoba peruntungannya saat casting pertama film "Harry Potter and the Philosopher's Stone" (2001). Awalnya Rupert menjalani tes untuk peran sebagai "Harry Potter".

Dengan gigihnya, Rupert mengirim video buatannya sendiri dimana ia berpakaian seperti guru drama sambil menyebutkan alasannya mengikuti audisi. Melihat idenya yang kreatif, Rupert justru akhirnya terpilih memerankan karakter Ron Weasley yang berkepribadian sedikit kikuk namun loyal terhadap sahabat-sahabatnya. Ia pun dipercaya untuk beradu akting dengan Daniel Radcliffe (Harry Potter) dan Emma Watson (Hermione Granger) dalam tujuh film "Harry Potter" seperti Harry Potter and the Chamber of Secrets", "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", "Harry Potter and the Half-Blood Prince", "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I" hingga film terakhir yang rilis 2011, "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II". Berkat film tersebut, Rupert menyabet penghargaan Outstanding New Talent di Satelitte Awards 2002 serta sejumlah nominasi seperti Best On-Screen Team di MTV Movie Awards 2006, Favorite On-Screen Team di People's Choice Awards 2011 dan Best Fight di MTV Movie Award 2011.

Sukses di film "Harry Potter", Rupert mendapat tawaran untuk menjadi bintang film indie, "Cherrybomb". Ia ditantang untuk melakukan adegan seks pertama kalinya dengan Kimberley Nixon.

"Saya telah melakukan adegan seks pertama saya dan itu adalah pengalaman yang membuat trauma. Namun, bagi Kimberley ternyata jauh lebih memalukan," ungkap Rupert. "Saya kira hal itu lebih mudah bagi anak laki-laki. Hal itu juga pengalamannya (Kimberley) yang pertama jadi kita berada di situasi yang sama."

Soal kegemaran, Rupert mengaku menyukai segala aksesoris yang berhubungan dengan es krim. Bahkan dia pernah bercita-cita menjadi penjual es krim di Jepang. Ia pun membeli sebuah mobil van es krim lengkap dengan aksesoris lampu besar berbentuk cone. Selain hobinya tersebut, Rupert juga memiliki kegemaran unik yakni mengendarai sepeda unicyle (sepeda beroda satu tanpa gagang). Dia juga memiliki peternakan kecil yang berisi beberapa binatang seperti landak, merak, keledai dan babi.