Trending

Hiburan

Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong meninggal dunia di pesawat pada Rabu (9/6). Helmud sendiri dikenal sebagai salah satu pihak yang menolak keras rencana pembukaan tambang emas di wilayahnya.

Jun 11, 2021 10:33

Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Helmud Hontong sedang menjadi sorotan nasional. Pasalnya Helmud dikabarkan meninggal dunia ketika dalam perjalanan udara dari Denpasar menuju Makassar pada Rabu (9/6) kemarin.

Kepergiannya sontak menjadi sorotan karena sosok Helmud yang begitu dicintai masyarakatnya. Namun bukan hanya itu, kepergian Helmud juga belakangan banyak dikaitkan dengan ketegasannya menolak operasi tambang emas yang hendak dibuka di Kepulauan Sangihe dan dikhawatirkan merusak lingkungan setempat.

Hal ini juga dibenarkan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana. "Iya, Pak Wakil Bupati memang bikin surat (tolak tambang). Almarhum memang menolak izin tambang, tapi saya belum melihat suratnya," ujar Jabes kepada Kompas, Kamis (10/6).

Saat ini upaya pembukaan tambang emas di Kepulauan Sangihe memang terus menuai penolakan dari masyarakat luas, yang dalam hal ini termasuk mendiang Helmud. Sayangnya perjuangan Helmud menolak izin tambang emas itu terpaksa berakhir pada Rabu kemarin setelah ia mengembuskan napas terakhir di usia 58 tahun yang diduga akibat serangan jantung.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto membenarkan jika mendiang adalah penumpang pesawat Lion Air JT-740 yang harusnya mendarat di bandaranya. "Benar, ada penumpang meninggal dalam pesawat saat terbang. Korban penumpang transit di bandara SHIAM (Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar) dan katanya Wakil Bupati," kata Iwan.

Helmud sendiri sejatinya melakukan perjalanan rute Denpasar-Makassar-Manado. Dan dalam perjalanan dari Denpasar ke Makassar dengan Lion Air tersebut, Helmud sudah dipastikan tidak terinfeksi COVID-19 sebagaimana prosedur yang berlaku.

"Lion Air penerbangan JT-740 dipersiapkan secara baik. Semua penumpang serta awak pesawat sudah menjalani pemeriksaan kesehatan COVID-19 dengan dinyatakan negatif," tutur Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (10/6).

  BACA JUGA...

Surat yang menyatakan negatif COVID-19 ini pun telah diverifikasi oleh petugas medis dari lembaga yang berwenang. Pesawat berangkat 15.08 WITA dari Denpasar dan pada 15.40 WITA, Helmud dilaporkan memerlukan pertolongan medis.

"Pimpinan awak kabin bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang. Setelah mendapatkan informasi detail dan pengamatan, SFA (Senior Flight Attendant) segera melakukan pengumuman apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter atau tenaga medis," ujar Danang.

Beruntung ada penumpang yang merupakan tenaga kesehatan dan telah dibuktikan dengan tanda identitas resmi. Helmud segera diberikan pertolongan darurat, mulai dari diberi tabung oksigen portabel, melonggarkan pakaian yang mengikat, membersihkan wajah, serta kursi disandarkan.

Pilot juga segera berkoordinasi agar memberikan pelayanan terbaik kepada Helmud. Yakni dengan segera mengarahkan penerbangan ke bandar udara terdekat, yakni Bandara Sultan Hasanuddin yang juga bandara tujuan, dan berkoordinasi agar disiapkan tim medis.

Pukul 16.10 WITA, tim medis sudah bersiap di bandara. Pesawat mendarat 16.17 WITA tim medis segera menindak Helmud namun akhirnya mendiang dinyatakan meninggal dunia.

"Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial HH meninggal dunia," pungkas Danang. "Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Lion Air mengucapkan dukacita mendalam atas meninggalnya penumpang HH. Petugas Lion Air di Ambon bersama pendamping membantu proses pengurusan jenazah HH di rumah sakit."

Facebook/stenly.pontolawokang

Kini jenazah pun sudah dikembalikan kepada pihak keluarga. Masyarakat pun turut bersedih atas kepergian sang wakil bupati yang begitu dicintai tersebut.

(wk/elva)

Most Read

Agnes Monica Bersandar Manja, Pacar Beda Agama Disindir Jual Mahal Hingga Mirip Asisten

Sep 16, 2021

Agnes Monica Akhirnya Bongkar Agama Asli Pasca 'Dipaksa' Masuk Islam Demi Pacar

Sep 17, 2021

Heboh Ayah Agnes Monica Mendadak Masuk Akun Lambe, Gaya Low Profile Bikin Salfok

Sep 15, 2021

Gudang Uang Larissa Chou Nambah Berkat Kontrak 1 Miliar, Sosok Ini Pemicu Alvin Faiz Ambil Mobil VW?

Sep 15, 2021

Beredar Potret Alvin Faiz Buka Puasa Bareng Henny Rahman Sebelum Larissa Chou Ajukan Gugatan Cerai

Sep 16, 2021

Foto Alvin Faiz Bareng Geng Cewek Seksi Viral, Omongan Larissa Chou Kembali Terbukti?

Sep 17, 2021

Penampilan di Pernikahan Asisten Nia Ramadhani Dipuji, Ekspresi Wajah Mikhayla Justru Bikin Khawatir

Sep 15, 2021

Rambut Lisa BLACKPINK Sampai Sekarang Rusak Gara-Gara 'Lovesick Girls'

Sep 15, 2021

Latest News

Nasib Proyek BTS dan ARMY Ini Jadi Misteri yang Belum Terpecahkan, Kok Bisa?

Penggemar bertanya-tanya apakah kertas dari proyek disimpan di kantor pusat HYBE atau sedang dipersiapkan untuk dipajang di museum HYBE. Namun hingga kini belum ada jawaban yang pasti.

Pesan Menohok Agnez Mo Untuk Netizen Nyinyir Sampai Bikin Erick Thohir Tepuk Tangan, Kenapa?

Agnez Mo membeberkan alasannya mengapa selama ini dirinya hanya diam saat diremehkan dan dicaci oleh netizen. Ia juga sempat melontarkan pesan menohok yang ditujukan untuk netizen.

Bahas Perselingkuhan, Onadio Leonardo Takut Sang Istri Diajak Bergaul Oleh Olla Ramlan

Onadio Leonardo terang-terangan mengaku takut jika sampai istrinya, Beby Prisillia benar-benar diajak bergaul oleh Olla Ramlan. Tak terduga, rupanya alasan ketakutan Onad karena hal ini.

Larissa Chou Ngaku Sakit Hati Saat Doakan Alvin Faiz, Blak-blakan Sebut Orang Jahat

Larissa Chou menegaskan bahwa alasannya menangis usai mendoakan Alvin Faiz bukan karena belum move on. Lewat sebuah video, Larissa memberikan penjelasan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Rumah Tangga Terancam Bubar, Dhena Devanka Akui Masih Sangat Cinta Jonathan Frizzy

Dhena Devanka mengatakan wajar jika dirinya masih sangat mencintai Jonathan Frizzy, kendati ia yang terlebih dahulu menggugat cerai. Lantas apakah Dhena membuka peluang rujuk dengan Jonathan?

Kuba Mulai Vaksinasi COVID-19 Untuk Balita Usia 2 Tahun

Kuba akan menjadi negara pertama di dunia yang memvaksinasi balita berusia dua tahun. Pejabat kesehatan setempat menyatakan vaksin buatan Kuba aman untuk anak-anak.

Larissa Chou Nangis Sesenggukan Saat Doakan Pernikahan Alvin Faiz dan Henny Rahman

Larissa Chou tak kuasa menahan tangis saat kembali disinggung soal mantan suaminya, Muhammad Alvin Faiz. Dengan nada bergetar, Larissa mencoba tegar saat mendoakan rumah tangga Alvin Faiz dan Henny Rahman.

Bobby Nasution Beri Penjelasan Usai Ditegur Jokowi Soal APBD Kota Medan

Menurut Jokowi, APBD Kota Medan masih mengendap di bank sebesar Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut paling banyak dibandingkan dengan daerah lain di Sumut.