Fernando Alonso Sabet Jawara GP Jerman dan Klasemen F1 2012
SerbaSerbi

Jika Alonso meraih dua kemenangan, Sebastian Vettel kecewa berat karena kena penalti dan turun di posisi lima saat GP Jerman, Minggu (22/7).

WowKeren - Fernando Alonso masih bertahan sebagai jawara klasemen F1 2012. Tercepat di Grand Prix Jerman, Minggu (22/7), dengan catatan waktu 1 jam 31 menit 05.862 detik, Alonso kini total mengoleksi 154 poin.

Meski begitu, pembalap Ferrari ini nampaknya belum puas dengan 2 kemenangan tersebut (di GP Jerman dan juara klasemen). "Kami gembira dengan posisi yang kami raih di paruh pertama musim ini, tapi itu tak berarti apa-apa karena masih ada 10 balapan tersisa," ujarnya sesuai balapan di Sirkuit Hockenheim, Jerman.

Sementara itu salah satu wakil tuan rumah, Sebastian Vettel, yang sebelumnya finish di posisi kedua untuk GP Jerman 2012 kini melorot di posisi kelima. Pembalap Red Bull ini kena penalti 20 detik setelah secara ilegal menyalip Jenson Button hanya dua lap sebelum finish.

"Mobil nomor 1 meninggalkan lintasan dan mendapatkan keuntungan saat kembali," demikian pernyataan steward (pengawas) GP Jerman. "(Itu) melanggar article 20.2 regulasi balapan FIA Formula 1."



Akibat insiden itu, Button ditetapkan sebagai juara dua disusul oleh pembalap Lotus, Kimi Raikkonen, yang menempati posisi ketiga. Vettel selain kena penalti, ia juga kalah poin dari rekannya, Mark Webber. Bertengger di posisi kedua klasemen F1 2012, Webber mengoleksi 120 poin sementara Vettel 118 poin.

Untuk peringkat 4 di klasemen dihuni oleh Raikkonen (95 poin). Sedangkan pembalap McLaren, Lewis Hamilton, berada di peringkat 5 dengan kolesi 92 poin. Sama seperti Vettel, Hamilton juga bernasib apes saat GP Jerman 2012. Ia terlempar ke luar posisi 20 besar akibat pecah ban yang dialami di awal balapan. Selain itu, Hamilton juga dikecam habis-habisan oleh Vettel.

Hal ini karena hambatan yang dilakukan Hamilton membuat Vettel kehilangan posisi kedua setelah dia masuk pit stop. Pembalap tuan rumah itu disalip Button tepat di pintu keluar pit.

"Itu bukan hal baik yang dilakukan Lewis. Saya tidak tahu kenapa dia membalap kami," ujar Vettel. "Jika dia ingin ngebut dia harusnya mundur dan mencari jarak. Itu bodoh karena dia dalam posisi tertinggal satu lap."

(wk/)


You can share this post!