Diproduksi di Ceko, Tulus Rilis Album 'Monokrom'
Musik

Tulus memiliki alasan tersendiri kenapa memilih Ceko untuk memproduksi albumnya.

WowKeren - Janji Tulus untuk merilis album usai Lebaran akhirnya benar-benar ditepati. Hari ini, Rabu (3/8), penyanyi kelahiran 1987 tersebut merilis album terbarunya yang bertajuk "Monokrom".

Ditemui WowKeren hari ini, Rabu (3/8) di Kembang Goela, Semanggi, Jakarta, Tulus mengaku punya alasan tersendiri kenapa memilih judul "Monokrom". Selain karena terdapat lagu berjudul "Monokrom" di album, lagu itu sendiri juga berisi ucapan terima kasih untuk orang-orang yang sudah membantunya.


"Banyak sekali orang yang sudah berbaik hati membentuk saya dan itu kenapa saya tempatkan di judul album," ungkap Tulus. "Supaya spiritnya itu menular ke lagu-lagu yang lain. Lirik yang lebih spesifik di lagu-lagu lain eksplorasi-eksplorasi musikal yang saya coba lakukan kemudian pengembangan-pengembangan musik yang coba saya lakukan itu adalah cara saya membuktikan kepada teman-teman yang sudah mendengarkan saya sehingga teman-teman punya ekspektasi tertentu untuk musik saya."

Penggarapan album ini sendiri rupanya juga dilakukan di negeri orang. Tulus rela jauh-jauh ke Praha, Ceko, demi memproduksi album yang berkualitas.

"Rekamannya setengah jadi di sini kemudian string section-nya diambil di Praha, Ceko dan kemudian mastering dikirim lagi di Indonesia," kata Tulus. "Memilih luar negeri lebih karena pengalaman kerja. Bagaimana selama ini kita sudah bekerja sama dengan pihak Indo. Ingin coba bekerjasama dengan orang di luar Indonesia tapi mereka memproduksi lagu Indonesia dan ditulis oleh orang Indonesia."

You can share this post!

Related Posts