Koleksi Rusak Parah, Kebakaran Museum Bahari Diduga Akibat Korsleting Listrik
Nasional

Mirisnya, gedung museum yang terbakar ternyata baru saja direnovasi total.

WowKeren - Kebakaran baru saja terjadi di Museum Bahari Jakarta. Kobaran api dan asap tebal nampak dari gedung bekas peninggalan zaman Belanda tersebut.

Sejumlah pemadam kebakaran langsung diluncurukan ke lokasi. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga sudah meninjau langsung ke museum. Akibat kebakaran ini, puluhan koleksi museum dikabarkan rusak parah.

Petugas Museum Bahari yang ada di sana mengungkapkan bahwa lokasi museum yang terbakar adalah lantai 1 gedung C. Gedung ini menyimpan berbagai koleksi alat navigasi laut, miniatur perahu tradisional dan juga sumbangan dari berbagai kedutaan besar. Ruang pameran perang laut yang ada di sana bahkan baru diresmikan satu tahun yang lalu oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Di lantai 1 Gedung C itu adalah tempat koleksi alat-alat navigasi laut, seperti mercusuar dan rambu-rambu laut lain," kata petugas. "Di blok dua adalah ruangan pameran perang Laut Jawa di mana koleksinya itu adalah benda-benda yang disumbangkan oleh kedutaan yang bekerja sama dengan Museum Bahari, itu Kedutaan Amerika, Inggris, Australia, dan Belanda. Baru satu tahun yang lalu, tepatnya 27 Februari, diresmikan oleh Menko Maritim, Pak Luhut."

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran masih terus ada di lokasi. Pihaknya mengungkapkan masih ada sumber api yang belum padam. Beberapa koleksi terendam air karena atap yang bocor.


"Kita masih semprot air untuk pendinginan," ucap petugas pemadam. "Masih ada beberapa sumber api. Koleksi kerendam semua karena atap roboh."

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, menyebutkan ada saksi yang melihat korsleting listrik. Akan tetapi, pihaknya tidak mau gegabah menentukan penyebab kebakaran. Polisi akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang dahulu.

"Dari saksi melihat seperti itu (korsleting listrik) tapi nanti Labfor yang bekerja untuk mengetahui dari mana kebakaran terjadi,"ujar Kombes Pol Argo Yuwono. "Itu kan museum ya ada miniatur-miniatur yang mudah terbakar. Tapi kita menunggu dari instansi yang berwenang untuk melihat kira-kira apa sih yang terbakar."

Kebakaran yang terjadi di Museum Bahari Jakarta ini terjadi sekitar pukul 08:56 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu karena museum sedang dalam keadaan kosong.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru