Nge-Like Foto Bendera Matahari Terbit Jepang, Steven Yeun Dihujat Habis-Habisan
Getty Images
Selebriti

Netter menganggap permintaan maaf Steven sama sekali tak tulus.

WowKeren - Jumat (11/5) lalu, aktor Steven Yeun nge-like foto seorang cowok di Instagram. Pada foto unggahan sutradara Joe Lynch tersebut (yang kini telah dihapus), si cowok mengenakan atasan merah putih bergambar bendera matahari terbit Jepang, yang merupakan simbol kolonialisme.

Gara-gara ini, Steven kemudian menjadi sasaran kritikan para netter. Menanggapi kritikan yang diterimanya, bintang serial "The Walking Dead" yang juga membintangi beberapa judul film produksi Korsel itu menuliskan permintaan maaf lewat akun Instagram pribadinya.

"Aku sadar akan sejarah dari negara di mana aku berasal dan menjadi bagiannya," tulis Steven. "Aku tidak menganggap remeh atau mewajari gambar, simbol dan pesan-pesan yang memuat momen buruk dalam sejarah. Baru-baru ini aku mengalami sesuatu di mana aku secara ceroboh berurusan dengan sebuah foto yang bagiku hanyalah foto masa muda seorang kolega," lanjutnya. "Aku tidak berpikir tentang simbol-simbol lain di foto itu dan karena alasan itu aku mengakui kecerebohanku dan aku minta maaf."

Bersama permintaan maaf ini, Steven juga menyinggung bagaimana publik begitu mudah menghakimi hanya karena satu kesalahan. Aktor kelahiran 1983 itu juga mengingatkan kalau aktivitas internet seseorang tidak mewakili orang tersebut sepenuhnya.


Steven Yeun

Source: Instagram

"Namun ini menunjukkan sesuatu tentang budaya kita, mengetahui bagaimana gesekan jempol, salah me-like dan kesalahan dalam berinternet membuat orang lain mempertanyakan karaktermu," lanjutnya. "Dunia kita di internet begitu rapuh saat ini dan itu membuatku sedih karena kita menggunakan sarana ini sebagai sesuatu yang sepenuhnya mewakili kita."

Pernyataan maaf Steven ini tak pelak kembali menjadi perhatian para netter. Bukannya menerima permintaan maaf tersebut, netter justru semakin menghujat lawan main Yoo Ah In di film 'Burning" itu sementara sebagian yang lain membelanya.

"Aku nggak mau melihatnya lagi," komentar netter. "Kalian semua yang membelanya dan bilang itu cuma kesalahan, apa kalian tahu apa artinya bendera itu bagi kita? Sialan, dia setidaknya harus tahu soal itu kalau dia mau cari uang di negara kita," kata netter lainnya. "Dia toh cuma si br***sek dari Amerika," ujar yang lain.

"Dia bilang itu kesalahan, bisa saja itu memang kesalahan. Kalian semua terlalu sensitif. Aku selalu nggak sengaja mencet 'like' jadi aku memahami apa maksudnya. Dia sudah minta maaf," ujar netter. "Dia dari luar negeri, apa lagi yang bisa kalian katakan? Dan ini kesalahannya yang kedua. Fansnya sudah memberitahunya saat kesalahan pertama tapi dia mencet 'like' lagi? Dia memang nggak peduli," imbuh lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel