Unggah Foto di Instagram, Tompi Akui Terinspirasi Oleh Kisah Presiden Jokowi
Instagram/dr_tompi
Selebriti

Inspirasi kehidupan bisa datang dari kalangan mana saja, termasuk presiden Jokowi yang menginspirasi penyanyi Tompi.

WowKeren - Inspirasi kehidupan bisa datang dari kalangan mana saja. Hal itu bisa diperoleh dari pengalaman orang kecil maupun orang besar.

Seperti yang dialami oleh dokter sekaligus penyanyi Tanah Air, Tompi. Tompi mengaku ia terinspirasi kisah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau sering disebut Jokowi. Hal itu diketahui melalui unggahan foto di akun Instagram miliknya, @dr_tompi, pada Minggu (27/5).

"INSPIRATIF!!!" tulis Tompi di bagian caption. "Kisah Pak Jokowi : mebel , martabak dan pisang goreng."

Dalam unggahan itu, Tompi mengunggah salah satu foto sreenshoot dari status Facebook Jokowi yang bernama Presiden Joko Widodo. Dalam status itu, Jokowi menceritakan kisahnya sebagai pengusaha meubeul dan kedua anaknya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

"Saya sudah 27 tahun jadi pengusaha meubeul. Usaha saya sampai sekarang masih berjalan," tulis Jokowi. "Perusahaan saya mengekspor meubeul ke Eropa, Amerika, lalu sekarang banyak juga ke Korea dan Jepang. Jadi saya tahu betul seluk-beluk berusaha."

"Seperti yang saya ceritakan dalam acara Entrepeuneurs Wanted! di Bandung siang tadi, saya tahu betul bagaimana susahnya cari modal usaha di awal-awal," lanjut Jokowi. "Kemudian keliling-keliling mencari pembeli, mengurus perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, pegawai, dan mengurus alat-alat produksi."

INSPIRATIF!!! Kisah Pak Jokowi : mebel , martabak dan pisang goreng.

A post shared by Dr tompi (@dr_tompi) on

Lalu Jokowi mengungkapkan rasa sedihnya karena ketiga anaknya yakni Gibran, Kahiyang Ayu, dan Kaesang tidak mau meneruskan usahanya. Jokowi pun dibuat kaget ketika anak pertamanya, Gibran mengungkapkan ingin membuka usaha makanan yakni martabak.


"Tapi, terus terang saya sedih tiga anak saya tak satu pun yang mau meneruskan usaha saya," tulis Jokowi. "Kurang apa? Pabrik ada, alat-alat produksinya ada, karyawan ada."

"Yang bikin 'shock', waktu anak sulung saya Gibran datang: 'Pak, saya mau jualan martabak'," sambung Jokowi. "Dalam hati saya, 'Waduh, jualan martabak'."

Meski kurang setuju dengan usaha yang akan dijalani oleh Gibran, nyatanya Jokowi tetap memberi restu. Lantas ia pun dibuat terkejut kembali dengan usaha martabak milik Gibran.

"Tapi kemudian apa yang terjadi? Saya terkejut, hanya dalam rentang waktu lima tahun saja 'brand value' pabrik kayu yang saya bangun ternyata kalah jauh dari 'brand value' martabak milik Gibran," tulis Jokowi. "Merek usaha martabak Gibran nilainya lima kali lipat dari merek pabrik kayu saya."

Jokowi pun menyadari perbedaan pola pikir generasi tua dan muda dari usaha makanan yang dijalani oleh anak pertamanya. Ia pun akhirnya juga memberi restu pada anak terakhirnya ketika meminta ijin untuk membuka usaha makanan yakni pisang goreng.

"Rupanya ini yang membedakan antara generasi tua dengan generasi muda saat ini," tulis Jokowi. "Generasi dahulu seperti saya lebih bangga jika memiliki aset besar, karyawan banyak, dan ekspor besar. Saat ini ada hal yang lebih besar nilainya yakni 'bran value'."

"Itulah sebabnya saya tidak kaget lagi," sambung Jokowi. "Ketika tiga bulan lalu, anak bungsu saya Kaesang, juga datang dan menyampaikan: 'Pak, saya mau jualan pisang goreng.' Ya sudah."

Unggahan foto Tompi itu berhasil menarik perhatian Netter. Tidak sedikit netter sependapat dengan Tompi jika kisah Jokowi memang menginspirasi.

"Org tua yg keren abis..berani membiarkan anaknya exploring 'cara cari nafkahnya'," komentar akun @rikep***. "Ketika memBacanya bulu kuduk saya merinding pak! Hebat, inspiratif banget," sahut akun @meyd***.

"Inspirasi yg luar biasa," tulis akun @puja***. "Jangankan minta proyek ke bapaknya, tenimbang melanjutkan usaha bapaknya yg udah maju aja ga mau. Pak jokowi sukses mndidik anak2 yg mandiri," balas akun @irulab***.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait