6 Langkah Mencerahkan Warna Siku dan Lutut dengan Bahan Alami
Health

Mencerahkan kulit dan siku menggunakan bahan alami yang menyehatkan dan tampa efek samping.

WowKeren - Hampir sebagian kaum wanita memiliki keluhan serupa mengenai siku dan lutut yang menghitam. Lutut dan siku merupakan dua bagian tubuh yang memiliki banyak lipatan. Bagian ini juga merupakan bagian kulit yang sedikit mengalami pengelupasan, itu sebabnya banyak terjadi penumpukan sel kulit mati sehingga warnanya lebih gelap. Selain kulit mati yang menempel, lipatan tersebut membuat banyak kotoran yang bersarang.

Menghitamnya dua area tubuh ini tentu sangat mengganggu karena dianggap merusak penampilan. Tidak heran jika sebagian wanita rela merogoh kocek dalam untuk mencerahkan warna siku dan lutut. Hal itu dilakukan demi meningkatkan kepercayaan diri. Namun ternyata tidak harus mahal untuk melakukan perawatan tersebut.

Bahan-bahan yang ada di dapur kalian bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan dua anggota tubuh tersebut. Inilah beberapa bahan yang bisa kalian manfaatkan untuk mencerahkan siku dan lutut.

(wk/Kres)

1. Lemon


 Lemon

Bahan satu ini memang memiliki begitu banyak manfaat. Itu karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta asam sitrat yang ampuh untuk memutihkan area kehitaman pada lutut dan siku. Memanfaatkan lemon ini bisa secara mandiri ataupun dicampur bahan lainnya dan dijadikan sebagai pasta. Untuk mengandalkan penggunaan lemon secara mandiri bisa dengan memotong buah lemon menjadi empat bagian. Kemudian gosokkan satu bagian untuk satu siku dengan berputar-putar.

Perhatikan juga cara menggosoknya, jangan terlalu keras karena akan mengakibatkan luka dan memperburuk tampilan. Lemon juga bisa dicampur dengan madu atau yogurt. Untuk yang satu ini kalian cukup memanfatkan perasan air lemon dicampur madu atau yogurt. Aduk hingga merata kemudian oleskan ke bagian tubuh yang menghitam yaitu siku dan lutut.

Diamkan beberapa saat kurang lebih 20 menit, kalian juga bisa mengulangi olesan setiap kali cairan itu kering. Bilas dengan air bersih kemudian sesekali gosok secara perlahan menggunakan ujung jari. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan campuran lemon ataupun lemonnya sendiri 2-3 kali setiap minggu.

2. Gula Pasir


Gula Pasir

Mengangkat kulit mati identik dengan penggunaan produk yang dilengkapi scrub. Namun jika terlalu sering, maka kulit akan kering dan bisa menimbulkan luka. Untuk itu kalian bisa memanfaatkan bahyan alami seperti gula pasir dengan kadar efek samping yang rendah. Kombinasikan gula dengan minyak zaitun secukupnya dan oleskan ke bagian kulit yang menghitam.

Butiran gula pasir itu bisa membantu sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati yang ada. Gosok secara melingkar selama kurang lebih tiga menit di tiap anggota tubuh. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Jika masih terasa lengket karena kandungan minyak zaitun dan gula, maka cucilah menggunakan sabun. Hal yang wajib diingat ketika menggosok bagian-bagian tersebut adalah jangan terlalu keras.

3. Batu Apung


Batu Apung

Orang jaman dahulu rupanya sudah memahami mengenai kecantikan meskipun mereka tidak menyadarinya. Setiap mandi mereka kerap membersihkan diri menggunakan batu apung untuk menggosok kotoran berupa daki pada tubuh. Hal itu rupanya mulai diadaptasi saat ini, dengan terciptanya batu apung yang dibentuk sedemikian rupa untuk menggosok tubuh manusia.

Batu apung rupanya sangat manjur untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu secara perlahan mencerahkan warna kulit yang menghitam. Menggosok siku maupun lutut menggunakan batu apung membantu meluruhkan kotoran juga. Selain untuk lutut dan siku, batu apung juga biasanya digunakan menggosok lipatan leher, kulit mati pada tepian jari kaki, dan juga tumit yang biasanya pecah-pecah karena kulit mati yang mengering.

4. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Tidak perlu diragukan lagi jika tanaman satu ini memiliki segudang manfaat. Biasanya lidah buaya erat kaitannya dengan rambut. Namun dilihat dari kandungan vitamin C yang tinggi, lidah buaya juga dapat dijadikan bahan untuk mencerahkan warna kulit serta melembakan. Gel lidah buaya dapat menjadi pelembab alami untuk kulit.

Penggunaan bahan satu ini cukup mudah dan tanpa perlu dicampur dengan bahan lainnya. Ambil bagian dalam lidah buaya lalu oleskan pada siku dan lulut, kemudian biarkan hingga mengering. Kalian bisa memberikan olesan lagi atau langsung mencucinya dengan air bersih. Penggunananya bisa kalian sesuaikan dengan gelapnya warna siku dan lutut atau rutinnya pemakaian. Disarankan untuk menggunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

5. Kunyit


Kunyit

Kunyit diketahui memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh dan juga kecantikan, termasuk membantu mencerahkan kulit pada siku dan lutut. Kalian bisa memanfaatkan kunyit bubuk ataupun kunyit segar. Untuk pemakaian kunyit bubuk bisa ditambahkan dengan krim susu kental. Aduk hingga merata lalu diamkan sejenak sebelum dioleskan ke siku dan lutut. Biarkan pasta kunyit ini mengering kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk kunyit segar penggunaannya memang sedikit rumit, kalian harus melembutkan kunyit dengan diparut. Gunakan perasan air kunyit ditambah lemon dan madu, aduk hingga merata dan oleskan ke bagian yang menghitam. Bekas parutan kunyit jangan langsung dibuang, kalian masih bisa memanfaatkan saat membilas siku dan lutut dibawah air bersih dengan menggosokkannya secara perlahan.

6. Timun


Timun

Timun merupakan buah yang memiliki kandungan air begitu melimpah. Bagian dalamnya yang biasanya seperti lendir ini rupanya bisa dimanfaatkan untuk membuat warna kulit lebih cerah. Penggunaanya juga cukup mudah, potong timun sesuai selera atau disarankan 1 cm tiap bagian. Usahakan buang bagian kulit agar saat digosokkan ke bagian tubuh tidak menjadi bumerang dan melukai lutut maupun siku anda.

Gosokkan secara perlahan dengan memutar hingga timun layu. Selain digunakan langsung, timun juga bisa dipadukan dengan lemon. Caranya gunakan timun muda yang bagian tengahnya tidak terlalu berlendir kemudian parut timun dan tambahkan perasan lemon. Aduk hingga merata kemudian oleskan pada siku dan lutut dan gosok secara perlahan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel