Habib Rizieq Jadi Tahanan Rumah di Arab Saudi, Pihak 'Misterius' Lakukan Interogasi Sampai 5 Jam
Nasional

Nasrullah mengatakan bahwa Habib Rizieq diintrogasi selama hampir lima jam oleh pihak yang tidak disebutkan.

WowKeren - Kabar terbaru datang dari Habib Rizieq, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut kabarinya dicekal dan diinterogasi di Arab Saudi. Hal tersebut dijelaskan oleh salah satu anggota Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatw (GNPF) Ulama, Nasrullah Nasution, saat bertemu Ketua DPR Fadli Zon di Gedung Nusantara III pada Selasa (25/9) kemarin.

Rupanya, kedatangan Nasrullah untuk meminta perlindungan atas Habib Rizieq pada pihak terkait. "Kami meminta Menlu untuk memberikan jaminan perlindungan kepada warga negara Indonesia di Arab Saudi atas nama Habib Rizieq Shihab," ujar Nasrullah dilansir dari Tribun, Rabu (26/9).


Nasrullah mengatakan bahwa Habib Rizieq diintrogasi selama hampir lima jam oleh pihak yang tidak disebutkan. Ia juga menyangka ada oknum-oknum di Indonesia yang mencegah kepulangan Habib Rizieq.

"Beliau dicegat terus harus mendapatkan interogasi yang cukup lama," ujar Nasrullah. "Dari jam 11 malam sampai jam 4 subuh tanpa suatu hal yang jelas apa permasalahannya."

"Tapi sampai detik ini tidak ada deportasi dan beliau tidak bisa keluar dari Arab Saudi dan kami mencurigai ini ada pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk mencegah atau datang kembali ke Indonesia," lanjutnya. "Padahal, jelas setiap warga negara itu dilindungi baik yang ada di Indonesia maupun yang di luar negeri."

Sugito Atmo Pawiro, kuasa hukum Habib Rizieq juga menyampaikan hal serupa. Bahkan kliennya menjadi tahanan rumah yang dibatasi gerak-geriknya. "Habib Rizieq diperlakukan sebagai tahanan rumah, tidak bisa kemana-mana, hanya di Mekkah," ucap Sugito.

Sementara itu, Habieb Rizieq memutuskan untuk pergi ke Arab Saudi pada pertengahan 2017 lalu setelah terjerat kasus hukum yakni dugaan penistaan Pancasila dan chat mesum dengan Firza Husein. Penasihat GNPF Ustad Haikal Hasan saat berada di program acara "Indonesia Lawyers Club" mengatakan bahwa Habib Rizieq sesungguhnya memiliki keinginan untuk pulang ke Indonesia.

"Sampai detik ini Habib Rizieq demi Allah ingin sekali pulang, tapi ada kekuatan yang tidak bisa membuat dia pulang," tuturnya. "Demi Allah saya bersumpah karena setiap malam saya berkomunikasi."

You can share this post!

Related Posts
Loading...