Sebelum Meninggal Karena Kecelakaan, NH Dini Curhat Masalah Novelnya Yang Dibajak
Instagram/ubudwritersfest
Nasional

NH Dini mengungkap novel 'Pada Sebuah Kapal' yang dibajak sebuah situs online dan melapor ke pihak penerbit.

WowKeren - Kepergian salah satu sastrawan besar Tanah Air, NH Dini, membawa duka mendalam bagi dunia sastra Indonesia. Semasa hidupnya, wanita kelahiran kota Semarang tersebut juga dikenal sebagai penulis feminis Indonesia dan telah menghasilkan puluhan karya sastra.

Gelar tersebut diberikan lantaran mendiang aktif menyuarakan isu kesetaraan gender dalam karyanya. Tulisan NH Dini menjadi pelopor atas tema perempuan, salah satunya adalah novel "Pada Sebuah Kapal".

Novel ini mengisahkan tokoh Sri sebagai sosok perempuan yang tangguh dan cerdas. NH Dini menuliskan perjalanan hidup Sri sebagai penyiar radio yang sebenarnya berkeinginan menjadi seorang pramugari.

Sayangnya, Sri gagal dalam tes pramugari lantaran sedang sakit. Kemudian, kisah cinta Sri dimulai kala seorang teman mengenalkannya pada beberapa orang dari dunia penerbangan.

Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1972 silam. "Pada Sebuah Kapal" kemudian dicetak ulang oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) pada bulan Agustus 2018 lalu.

Dilansir dari detikHOT, editor sastra GPU, Mirna Yulistianti mengaku sempat berbicara dengan mendiang akhir pekan lalu. NH Dini pun menuturkan sebuah masalah pada pihak GPU.

"Sabtu lalu, beliau sempat WhatsApp dan mengatakan bukunya dibajak," ujar Mirna, Selasa (4/12). "Beliau bilang dibajak di situs online, mengadukan pada saya dan pihak GPU."

Mirna mengaku bahwa GPU segera menangani kasus tersebut. Pihak penerbit juga menyediakan petugas yang akan menelusuri kasus pembajakan itu.

"Kami bilang akan mem-follow up kasus ini," terang Mirna. "Dari pihak kami ada satu orang yang akan membantu."

Kepergian sastrawan ini juga membawa duka bagi pihak penerbit. GPU turut mengucapkan bela sungkawa lewat akun Twitter resmi @bukugpu.

"Sore ini kita berduka, sastrawan Indonesia Ibu Nh. Dini telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta," tulis akun GPU. "Segenap redaksi Gramedia Pustaka Utama mengucapkan turut berduka cita yg sedalam-dalamnya. Semoga Ibu Nh. Dini mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya."

NH Dini meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Tambalang, Semarang. Rencananya, jenazah NH Dini hari ini (5/12) akan dikremasi di Krematorium Ambarawa, Kabupaten Semarang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel