Heboh Ribuan e-KTP Dibuang ke Sawah dan Jadi Mainan Anak-Anak, Polisi Terus Cari Pelaku
Nasional

Warga Keluarahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, dikejutkan dengan penemuan ribuan e-KTP di dalam sebuah karung yang dibuang ke area persawahan.

WowKeren - Isu e-KTP memang seolah tak pernah habis dibicarakan. Selama ini, banyak warga yang mengeluh belum menerima e-KTP setelah melakukan perekaman. Baru-baru ini, publik juga sempat dihebohkan dengan kasus penjualan blangko e-KTP di pasaran.

Kali ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan penemuan sekarung penuh e-KTP di Keluarahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Karung yang ditemukan pada hari Sabtu (8/12) tersebut berisi ribuan e-KTP milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ketua RW 011 Kelurahan Pondok Kopi, Ipit, mengaku bahwa karung tersebut ditemukan di area persawahan. Awalnya, ada laporan anak-anak memainkan e-KTP tersebut. Ipit pun memeriksa lokasi dan menemukan karung berisi ribuan e-KTP.

"Ada ribuan e-KTP aktif. Saya ngitungin aja udah capek, pada bosen," terang Ipit dilansir dari Kompas.com. "Ribuan itu, jelas di atas seribu lah."

Saat ditemukan, e-KTP sudah berceceran lantaran dibuat mainan oleh anak-anak. Beberapa e-KTP bahkan ditemukan di dalam selokan.

"Ini masih anak-anak ini, belum ada orang dewasa," terang Ipit. "Mereka mainin, dilempar-lemparin."


Lokasi pembuangan e-KTP tersebut memang cukup sepi. Sehingga, tidak ada satu pun saksi mata yang melihat pembuangan karung berisi e-KTP tersebut. Bahkan, pemilik sebuah warung yang hanya berjarak 10 meter dari lokasi kejadian juga tidak menyadari apa-apa.

"Ini warung saya di sini. Enggak ngeliat apa-apa," ujar sang pemilik warung, Dandi. "Tapi kalau pukul 10.00 sepi, ibu-ibu di dalam. Enggak ada yang aneh-aneh sih."

Ribuan e-KTP yang ditemukan tenyata merupakan cetakan lama. e-KTP tersebut dicetak pada tahun 2011 - 2013. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Dhany Sukma belum mengetahui apakah ribuan e-KTP tersebut aktif atau tidak. Ia juga meminta polisi mencari pelaku pembuangan e-KTP tersebut.

"Kalau masalah masih aktif, kan, dicek dulu nih," jelas Dhanny. "Ada di Polsek barangnya, mau dilacak oleh polisi."

Kasus tersebut kini telah dilimpahkan ke Polres Jakarta Timur. Pasalnya, kasus pembuangan e-KTP tersebut berskala nasional. Semua barang bukti juga telah diserahkan ke pihak Polres.

"Diserahkan ke Polres (Jaktim)," terang Kapolsek Duren Sawit, Kompol Suhut. "Karena ini skala nasional."

Tak hanya pihak kepolisian, Kementerian Dalam Negeri juga tengah melakukan investigasi atas kasus tersebut. Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, menjelaskan bahwa timnya sudah mulai bergerak. "Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri sedang ke lapangan melakukan investigasi," tutur Bahtiar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait