Pose Acungkan Dua Jari Jadi Sorotan, Anies Baswedan Dapat Peringatan Kemendagri
Twitter/aniesbaswedan
Nasional

Kemendagri menyebut akan memberikan peringatan kepada Gubernur DKI Jakarta aktif tersebut jika terbukti melanggar peraturan kampanye Bawaslu.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta aktif, Anies Baswedan, tengah menjadi sorotan. Pasalnya, pose Anies yang mengacungkan dua jari pada saat menghadiri Konfernas Partai Gerindra dinilai menyalahi aturan kampanye. Diketahui, dua jari identik dengan simbol kampanye dari paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pernyataan disampaikan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono. Menurutnya, saat hadir di acara Partai Gerindra tersebut, Anies seharunya diam saja. "Dalam hal ini, kesalahan lebih pada mengacungkan dua jari, tanda kampanye Prabowo-Sandi. Harusnya diam," ungkap Sumarsono seperti dilansir CNN pada Selasa (18/12).

Akibat pose yang ditunjukkan oleh Anies, Kemendagri menyebut akan memberikan peringatan kepadanya. Menurut Kemendagri, pose yang identik dengan kampanye tersebut seharusnya tak dilakukan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Kemendagri akan memperingatkan saja, boleh hadir tapi lain kali tidak boleh memberikan simbol dukungannya angkat dua jari. Mungkin Gubernur DKI tidak menyadari hal ini tidak boleh," lanjut Sumarsono.


Kendati demikian, teguran hanya akan diberikan Kemendagri jika hal yang dilakukan Anies tersebut terbukti salah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Iya (akan memberi peringatan) bila Bawaslu mengatakan itu terbukti salah," pungkas Sumarsono.

Anies diketahui hadir dalam acara yang digelar Partai Gerindra di Sentul pada Senin (17/12) kemarin. Oleh karena Anies hadir sebagai tamu undangan dan tidak kampanye, maka dirinya tak diharuskan untuk mengambil cuti. Menurut Sumarsono, Anies boleh menghadiri undangan partai manapun sebagai seorang gubernur.

Akan tetapi, dirinya diketahui hadir dalam acara Partai Gerindra dan sempat memberikan pidato. Dalam pidatonya seperti yang dilansir CNN, Anies mendoakan pasangan Prabowo-sandi bisa meraih kemenangan di Pilpres 2019 mendatang. Di akhir pidatonya, Anies diketahui mengangkat tangan dan mengacungkan dua jari ke atas.

Sebelum menjadi pasangan Prabowo dalam Pilpres 2019 mendatang, Sandiaga Uno diketahui menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies. Sandiaga kemudian mengundurkan diri di tengah masa jabatannya untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden Indonesia mendampingi Prabowo Subianto.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru