Anies Baswedan Buka Suara Soal Ajak Anak Muda Jadi PNS DKI Dengan Gaji Hingga Rp18 Juta
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Belum lama ini, Gubernur Anies Baswedan menyinggung mengenai anak-anak muda yang lebih tertarik kerja di sektor pribadi daripada PNS di lingkup Pemprov DKI. Anies bahkan menyinggung soal gaji.

WowKeren - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian dari banyak orang. Namun tidak sedikit pula yang menginginkan bekerja di sektor lain, daripada menjadi PNS. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak muda.

Atas hal tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan pun diketahui sempat merayu anak-anak muda untuk mau menjadi PNS dengan menawarkan gaji fresh graduate Rp12-18 juta. Hal ini dilakukan Anies agar anak-anak muda tidak hanya bekerja di sektor privat, tetapi juga mau bekerja menjadi PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Saya bilang bukan soal gaji, tapi ingin saya sampaikan bahwa bekerja di Pemprov DKI Jakarta itu memberikan kesempatan untuk berdampak kepada masyarakat umum," ujar Anies dalam keterangannya di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (24/8).

"Karena itu, saya mengajak kepada anak-anak muda, yuk menjadi bagian dari pemerintah, bekerja sebagai ASN," lanjut Anies. "Kemudian, 'wah nanti kami kalah dari bekerja di private sector'. Jangan khawatir, di Jakarta, reward-nya tuh tidak kalah."


Kemudian, Anies menegaskan bahwa ajakannya itu bukan berfokus pada uang, melainkan ingin menyampaikan bahwa bekerja di pemerintah pun, urusan kesejahteraan juga terpenuhi. "InsyaAllah, sejahterahnya juga terjamin," imbuhnya.

Adapun Anies mengajak anak-anak muda untuk bekerja sebagai PNS itu disampaikan dalam acara "Jakarta for The Future of Work", di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat pada 21 Agustus 2022 lalu. Anies juga menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta membutuhkan generasi baru yang memiliki pendidikan dan sikap mau belajar serta kreatif dan inovatif.

"Kami dalam pemerintahan perlu sekali generasi yang terdidik dengan baik, siap menjadi learner yang serius, dan mau berada di dalam pemerintahan," tutur Anies. "Kami butuh sekali pemimpin-pemimpin masa depan di masa depan pemerintahan adalah orang-orang yang kreatif, inovatif yang hari ini belajar."

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menyinggung mengenai gaji PNS di Jakarta Selatan yang tidak kalah dengan sektor swasta. Meski begitu, Anies juga mrengimbau agar tidak berpikir mengenai besaran gaji yang didapat. Pasalnya, pemerintah membutuhkan policy maker yang baik dan mampu dalam membuat terobosan.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait