Pilih Warna Serba Putih untuk Surat Suara, Ini Alasan Jokowi-Ma’ruf
Nasional

Warna putih yang identik dengan sesuatu yang bersih, dikaitkan dengan bagaimana cara mereka melakukan kampanye saat ini.

WowKeren - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo alias Jokowi-Ma’ruf Amin memilih warna serba putih untuk foto surat suara. Tak hanya latar belakang putih, tapi juga bajunya. Pemilihan tersebut ternyata memiliki makna filosofi khusus.

Foto keduanya yang serba putih diunggah oleh akun Instagram @pramonoanungw pada Jumat (4/1). Hingga saat ini, unggahan itu telah mendapat likes lebih dari enam ribu kali.

Ma’ruf mengatakan bahwa warna putih identik dengan sesuatu yang bersih. Dengan memilih warna putih, ia ingin menyampaikan pada masyarakat bahwa kampanye yang ia lakukan bersama Jokowi menggunakan cara-cara yang bersih. Ia tidak ingin mengotori suasana kampanye dengan perilaku dan ucapan yang negatif.

“Filosofinya yang bersih-bersih. Jadi kita ingin tampil, berkampanye, dan menang secara bersih,” jelas Ma’ruf ketika ditemui di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (4/1). “Semuanya itu kita tidak ingin mengotori suasana pilpres ini dengan perilaku atau ucapan, atau cara-cara tidak bersih lah.”


Paslon tersebut juga terlihat memakai peci hitam dalam foto surat suara. Menururt Ma’ruf, peci hitam merupakan salah satu pakaian khas Indonesia.

Ia juga menjelaskan bahwa para pemimpin Indonesia terdahulu seperti Bung Karno dan Bung Hatta juga memakai peci untuk menghadiri acara resmi kenegaraan. “Oleh karena itu kita tampil menggunakan ciri Indonesia,” tambah Ma’ruf.

Dalam foto tersebut, baik Jokowi maupun Ma’ruf terlihat tersenyum sambil menghadap ke arah depan. Inipun dikatakan ma’ruf memiliki nilai folosofi tersendiri.

Melalui foto tersebut, ia ingin menunjukkan bahwa Jokowi memiliki pribadi yang optimis. Bersama-sama, mereka menatap masa depan dengan rasa percaya diri.

“Pak Jokowi mencerminkan optimisme,” terang Ma’ruf. “Memandangnya menatap masa depan dengan percaya diri.”

Sedikit berbeda dengan Jokowi, dalam foto itu Ma’ruf terlihat memakai sorban yang juga berwarna putih. Pemakaian sorban ini untuk menunjukkan jati diri calon wakil presiden sebagai ulama. Hal tersebut dikemukakan oleh Hasto.

“Kiai Ma'ruf dalam jati dirinya sebagai ulama dengan menggunakan sarung,” kata hasto dilansir Kompas pada Sabtu (5/1). “ Tak ada perubahan disitu.”

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru