Tanggapi Klaim Prabowo Soal Gaji Dokter, IDI: Masih Banyak yang di Bawah Rp 3 Juta
Instagram/ikatandokterindonesia
Nasional

Capres Prabowo Subianto menyinggung soal gaji dokter dalam pidato kebangsaan bertema 'Indonesia Menang', IDI pun buka suara.

WowKeren - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, baru saja memberikan pidato kebangsaan dengan tema "Indonesia Menang" pada Senin (14/1) malam, di JCC Senayan. Ia pun menyinggung beberapa hal, salah satunya soal gaji dokter di Indonesia. Menurut Ketua Umum Partai Gerindra ini, penghasilan seorang dokter di Tanah Air bahkan lebih kecil daripada seorang tukang parkir.

Menanggapi hal tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun buka suara. Mereka tidak mengetahui secara persis berapa pendapatan seorang parkir yang dimaksud Prabowo, namun menyebut bahwa kebanyak gaji dokter di Indonesia masih di bawah Rp 3 juta.


"Bisa jadi seperti itu, karena saya tidak tahu persis berapa pendapatan (tukang) parkir," tutur Ketua Umum Pengurus Besar IDI, dr. Daeng M. Faqih, Senin (14/1). "Yang saya tahu, dari info yang disampaikan oleh teman-teman dokter di berbagai daerah, masih banyak dokter yang pendapatannya masih di bawah Rp 3 juta."

Faqih pun menjelaskan bahwa mayoritas dokter umum yang masih berpraktik berada pada golongan III. Menurut Faqih, para dokter ini paling banyak bekerja dengan pengalaman di bawah 5 dan 10 tahun.

"Rata-rata dokter umum yang jadi garda terdepan pelayanan kesehatan adalah golongan III," terang Faqih. "Dengan lama kerja paling banyak di bawah 5 tahun dan di bawah 10 tahun."

Sebelumnya, Prabowo mengaku akan menaikkan gaji hakim, jaksa, guru, hingga dokter hingga berlipat-lipat apabila terpilih sebagai Presiden. Pasalnya, profesi-profesi tersebut memainkan peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Oleh sebab itu, ia ingin memastikan bahwa mereka mendapat penghasilan yang layak. Karena dengan perbaikan taraf hidup profesional tersebut, kualitas layanan mereka pun akan semakin ditingkatkan pula.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga tampak didampingi oleh Calon Wakil Presidennya, Sandiaga Uno. Diketahui, "Indonesia Menang" merupakan tagline visi-misi Prabowo-Sandi yang baru dan akan disampaikan langsung kepada rakyat.

You can share this post!

Related Posts