Pakar Bahasa Tubuh Beber Makna Senyum Jokowi Hingga Perubahan Verbal Prabowo di Debat Capres Kedua
Nasional

Beberapa perubahan terlihat dilakukan kedua capres dibandingkan saat mengikuti debat capres perdana.

WowKeren - Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia kedua sudah berlangsung pada Minggu (17/2) kemarin. Debat kedua yang dilangsungkan di Hotel Sultan itu dihadiri oleh kedua Calon Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Pada kesempatan tersebut, seorang pakar bahasa tubuh, Monica Kumalasari, mencoba mengemukakan mengenai gestur-gestur yang disampaikan oleh kedua capres. Monica memberikan analisanya mengenai mulainya debat hingga akhir acara.


Menurut penjelasan Monica, Jokowi dan Prabowo sempat memulai debat dengan keadaan gugup dan tegang. Hal itu terlihat dari beberapa gestur tangan yang ditunjukkan keduanya.

Saat memberikan pemaparan, Jokowi juga disebut tidak terlalu mengalir dan banyak berhenti. "Tangannya ditelungkupkan, seperti menutup, antara jari saling masuk," terang Monica seperti dilansir Tempo pada Senin (18/2).

Kendati demikian, Monica menjelaskan jika gestur kedua capres sudah lebih santai daripada saat hadir di debat perdana. Hal itu terlihat dari Prabowo yang sudah beberapa kali mengakui prestasi pemerintahan Jokowi. Namun, Monica menjelaskan jika pengakuan Prabowo terkesan bersyarat lantaran banyak diakhir dengan kata "tetapi" dan "namun".

Monica juga menjelaskan perihal adanya perubahan pilihan verbal yang terjadi para Prabowo. Menurutnya, pada debat perdana, Prabowo lebih banyak menyebut "saya", padahal pasangannya, Sandiaga Uno lebih sering menggunakan kata ganti "kami". "Ini bagus, (menunjukkan) ini kerja tim, berdua. Karena di debat lalu (Prabowo lebih banyak) pakai bahasa 'saya'. Secara verbal sudah ada perubahan," jelas Monica.

Monica lebih lanjut menjelaskan jika kedua capres mengakhiri debat dengan damai. "Raut wajah Jokowi saat akhir menunjukkan senyum tulus dan terlihat puas terhadap debat," pungkas Monica.

Debat kedua yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini menghadirkan dua Calon Presiden Indonesia. Tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Di sisi lain, pendapat mengenai penampilan Jokowi di Debat Capres Kedua ini juga disampaikan oleh cawapres pasangan Prabowo, Sandiaga Uno. Menurut Sandiaga, Jokowi tampil rileks, namun masih kurang senyum.

You can share this post!

Related Posts