Sandiaga Uno Sebut Penampilan Jokowi di Debat Kedua Rileks dan Tajam Namun Kurang Senyum
Instagram/sandiuno
Nasional

Sandiaga mengakui memang ada 'serangan' Jokowi yang tidak dipersiapkan oleh tim Prabowo sebelumnya.

WowKeren - Debat kedua Pilpres 2019 telah selesai digelar pada Minggu (17/2) malam. Berbeda dari sebelumnya, di debat ini hanya menghadirkan calon presiden sebagai kandidatnya tanpa didampingi oleh calon wakil mereka. Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo saling adu gagasan di debat kedua ini.

Calon wakil presiden 02 Sandiaga Uno memuji penampilan Capres petahana, Jokowi. Ia menilai bahwa Jokowi cukup tajam dalam menjawab maupun memberikan pertanyaan. Meski demikian, ada satu yang kurang dari penampilan Jokowi menurut Sandiaga, yakni senyuman.

"(Jokowi) rileks juga tapi kurang senyumnya," kata Sandiaga di Cibinong, Bogor, Minggu (17/2). "Tapi Pak Jokowi rileks. Pak Jokowi tajam. Tadi sempat langsung referensi pada pribadi Pak Prabowo. Itu sebetulnya tidak kami siapkan."

Sandiaga menilai bahwa memang ada "serangan" Jokowi yang tidak diantisipasi oleh tim Prabowo sebelumnya. Yang mana hal ini termasuk dalam ranah pribadi sehingga sempat membuat Prabowo terhenti sejenak. Meski demikian, Prabowo bisa memberikan tanggapan.

"Karena kita tidak menyangka kalau menyerang pribadi," imbuh Sandiaga. "Jadi terus terang tadi Pak Prabowo, tadi putus pas di pernyataan pamungkas tadi. Kelihatannya ditanggapi oleh Pak Prabowo."


Berkebalikan dengan Jokowi, Prabowo disebut Sandiaga justru lebih murah senyum. Selain itu, eks Wagub DKI Jakarta itu menganggap bahwa Capres 02 itu juga menguasai materi debat, terutama saat membahas materi pangan.

"Tadi Pak Prabowo banyak senyum dan sangat rileks, tidak tegang," puji Sandiaga. "Dan saya lihat Pak Prabowo menguasai masalah khususnya waktu bicara pangan."

Sandiaga ingin agar publik bisa memahami kekhawatiran Prabowo terhadap apa yang akan terjadi pada bangsa ini ke depannya. Sehingga, ia meminta agar kekhawatiran tersebut tidak disalahartikan sebagai sikap yang pesimis.

"Beliau sangat memiliki kekhawatiran bahwa ini mesti dibedakan," jelas Sandiaga. "Satu sikap yang ingin mengoreksi, sama sikap pesimis."

Terkait dengan hasil debat kedua ini, Cawapres 02 tersebut mengatakan bahwa akan ada evaluasi agar lebih baik untuk ke depannya. Evaluasi ini akan dilakukan baik oleh tim materi maupun tim debat beberapa hari ke depan.

"Pasti akan ada evaluasi dalam beberapa hari ke depan," tegas Sandiaga. "Tim materi dan tim debat akan duduk untuk evaluasi."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait