10 Kuliner Indonesia Ini Rupanya Terpengaruh dari Budaya Belanda, Sudah Tahu?
panduanwisata.id
Kuliner

Seperti kalian ketahui, Belanda cukup lama menduduki Indonesia. Makanan Belanda rupanya juga mempengaruhi kuliner Indonesia.

WowKeren - Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan tersebut diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur dari budaya seseorang.

Akulturasi budaya dapat terjadi dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah makanan. Kalian tentu tahu banyak makanan khas Indonesia yang terpengaruh dari budaya negara lain, seperti Belanda. Seperti kalian ketahui, Belanda cukup lama menduduki Indonesia.

Nah, berikut terdapat 10 makanan mulai dari berat hingga camilan yang terpengaruh dari makanan Belanda. Ayo simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Perkedel dan Frikandellen yang Mirip-Mirip


Perkedel dan Frikandellen yang Mirip-Mirip

Kalian semua pasti tahu perkedel, kan? Makanan berbentuk bulat pipih yang terbuat dari kentang dengan bumbu khas. Makanan satu ini mirip dengan frikandellen yang terbuat dari daging cincang dari Belanda.

2. Semur berasal dari Kata Smoor


Semur berasal dari Kata Smoor

Semur merupakan hidangan yang kerap mengisi meja makan masyarakat Indonesia. Makanan ini sama dengan smoor yang dapat terbuat dari berbagai macam daging. Maka dari itu, semur di Indonesia pun beragam macamnya, mulai dari ikan, ayam dan daging sapi.

3. Kroket Mirip Krokante Kipballetjes dari Belanda


Kroket Mirip Krokante Kipballetjes dari Belanda

Siapa suka kroket? Makanan satu ini terbuat dari gumpalan kentang tumbuk yang berisi daging cincang yang dicampur dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Kemudian adonan dilumuri kocokan telur dan tepung panir sebelum digoreng. Kroket ini mirip dengan krokante kipballetjes dari Belanda.

4. Klappertaart Khas Manado yang Persis dengan Hidangan Belanda


Klappertaart Khas Manado yang Persis dengan Hidangan Belanda

Klappertaart merupakan kue khas Manado yang mendapat pengaruh saat zaman Belanda. Daya tariknya adalah bentuk yang unik dengan tekstur lembut seperti memakan custard yang meleleh saat masuk mulut.

5. Lapis Legit Merupakan Warisan dari Belanda, Spekkoek


Lapis Legit Merupakan Warisan dari Belanda, Spekkoek

Lapis legit merupakan makanan yang jadi buah tangan di Kota Surabaya. Makanan ini merupakan akulturasi dari spekkoek yang merupakan kue dari Belanda.

6. Sup Brenebon dan Bruine Bonensoep


Sup Brenebon dan Bruine Bonensoep

Salah satu sup khas Indonesia yang populer adalah sup brenebon. Sup satu ini terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan daging sapi atau daging babi. Makanan ini pun ada di belanda dengan nama bruine bonensoep.

7. Selat Solo dan Hollandsche Biefstuk


Selat Solo dan Hollandsche Biefstuk

Tahu selat Selat Solo, kan, makanan yang sering disebut dengan bistik Jawa? di Belanda, makanan ini bernama hollandsche biefstuk.

8. Roti Gambang dari Semarang


Roti Gambang dari Semarang

Semarang memiliki kue khas, yakni roti gambang. Roti ini terbuat dari kayu manis yang berwarna cokelat dengan taburan wijen. Roti ini memiliki tekstur padat dan biasanya dikonsumsi bersama teh atau kopi. Nah, hidangan yang kerap disebut roti ganjel rel ini juga banyak mendapat pengaruh dari makanan Belanda.

9. Kastangel, Kue Kering Khas Lebaran yang Mirip Kaasstengels


Kastangel, Kue Kering Khas Lebaran yang Mirip Kaasstengels

Kastangel merupakan kue kering yang terbuat dari keju. Kue ini kerap dijumpai saat lebaran. Di Belanda, ada camilan serupa bernama kaasstengels, namun dengan bentuk yang berbeda.

10. Kue Cubit dan Poffertjes


Kue Cubit dan Poffertjes

Makanan lainnya adalah kue cubit yang mirip dengan poffertjes. Jika kue cubit diberi berbagai macam topping seperti meses, selai, keju dan lainnya, namun poffertjes hanya menggunakan gula halus.

Buat kalian yang ingin mengetahui makanan Indonesia lain yang punya kembaran di luar negeri, simak di sini. Selain itu, berikut terdapat makanan khas Indonesia yang sudah hampir punah, baca di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel