Buntut Panjang OTT Ketum PPP, KPK Sita Uang Ratusan Juta dari Ruangan Menteri Agama Lukman Hakim
Nasional

Uang tersebut disita dalam bentuk rupiah dan dolar.

WowKeren - Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Rommy menyeret nama Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin. Penyidik KPK melakukan penggeledahan di kantor Kementrian Agama, Jakarta, Senin (18/3).

Dari penggeledahan tersebut, penyidik KPK menyita uang senilai ratusan juta rupiah. Uang tersebut disita dalam bentuk rupiah dan dolar.

"Dari hasil penggeledahan ditemukan dokumen-dokumen dan penyitaan uang dalam jumlah ratusan juta rupiah," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK. "Uang sedang dihitung secara rinci, belum ada info terkait kepemilikan uang."

Dalam pecahan rupiah, hitungan sementara nilainya mencapai RP 100 juta lebih. Sementara uang pecahan dolar Amerika Serikat masih dihitung. Selain uang, penyidik juga menyita sejumlah dokumen di ruang kerja Lukman.


Penyidik juga menggeledah ruang kerja sekjen dan ruang biro kepegawaian Kemenag. "Ada dokumen-dokumen terkait proses seleksi yang diamankan, baik terkait tahapannya maupun proses hasil seleksi," ujar Febri.

KPK menduga adanya proses kerja sama antara Rommy dengan Kemenag terkait jual beli jabatan. "Ada risiko intervensi oleh aktor-aktor politik terhadap birokrasi. Kami duga ada perbuatan bersama antara tersangka RMY dengan pihak di Kemenag untuk menduduki posisi tersebut," lanjutnya.

Sementara itu, Rommy rupanya menyatakan bahwa ia dijebak. Ia berdalih hanya memenuhi undangan silaturahmi. Namun, tak menyangka berimbas pada operasi tangkap tangan KPK.

"Saya merasa dijebak dengan sebuah tindakan yang tidak pernah saya duga, saya pikirkan, atau saya rencanakan, bahkan firasat pun tidak," ujar Rommy melalui surat di Gedung KPK, Sabtu (16/3). "Itulah kenapa saya menerima sebuah permohonan silaturahmi di sebuah lobi hotel yang sangat terbuka dan semua tahu bisa melihatnya. Ternyata niat baik ini menjadi petaka."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru