Kebakaran Hebat di Korsel, IU Hingga Kim Heechul Sumbang Ratusan Juta untuk Korban
Twitter
Selebriti

Korea Selatan dilanda kebakaran hebat tepatnya di wilayah Sokcho, Provinsi Gangwon. Sejumlah selebritis mengirimkan bantuan berupa uang untuk para korban.

WowKeren - Kebakaran hebat melanda Korea Selatan kemarin malam, Kamis (4/4). Api berasal dari sekitar Resort Ilsung di Kabupaten Goseong dan menyebar ke seluruh wilayah Sokcho pada pukul 7:17 malam waktu setempat.

Pemerintah Korea mengumumkan kebakaran di Sokcho ini sebagai bencana nasional. Keadaan bencana diumumkan pada jam 9 pagi waktu setempat pada 5 April untuk Kabupaten Goseong, Kabupaten Inje, serta kota-kota di Sokcho, Gangneung, dan Donghae di Provinsi Gangwon.

Hutan 250 hektar, sekitar 350 kali luas lapangan sepak bola, habis dilalap api. Selain itu, 125 rumah, enam gudang, dan lima rumah kaca vinil juga ikut terbakar. Karena jalur distribusi yang terbakar, listrik padam di 166 rumah, dan 79 stasiun pangkalan transceiver dan 235 sirkuit internet rusak.

Seorang lelaki berusia lima puluhan ditanyakan meninggal, dan 11 orang terluka. Sebelumnya dilaporkan bahwa dua orang tewas, tetapi kemudian terungkap bahwa ada satu korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Sedangkan 2.263 penduduk telah diungsikan ke tempat penampungan darurat.


Pemerintah Korea telah mengirim 346 truk pemadam kebakaran, helikopter dan sekitar 15.000 orang untuk menyelesaikan situasi ini. Untuk penduduk daerah yang rusak, pemerintah akan menyediakan akomodasi sementara, pasokan bantuan bencana, dan langkah-langkah dukungan darurat. Untuk korban, pemerintah akan memberikan dukungan untuk pemakaman dan perawatan serta layanan dukungan psikologis.

Tak hanya pemerintah, sejumlah bintang Korea Selatan juga turut mengirimkan bantuan. IU dilaporkan menyumbang 100 juta Won atau sekitar Rp 1,25 miliar melalui Green Umbrella Children's Foundation. Dana bantuan dari bintang drama "My Ahjussi" itu ditujukan pada anak-anak korban kebakaran.

Kim Heechul Super Junior juga menyumbang 30 juta Won atau sekitar Rp 372,7 juta untuk para korban melalui Gangwon Community Chest of Korea. Sedangkan Yoon Jisung eks Wanna One dilaporkan berdonasi 10 juta Won atau sekitar Rp 125 juta melalui Hope Bridge Disaster Relief Association. Begitu juga dengan penulis naskah drama "Goblin", Kim Eun Sook, yang menyumbang 20 juta Won atau sekitar Rp 250 juta.

Sementara itu, Black Pink menunda jumpa pers untuk comeback yang dijadwalkan hari ini demi menghargai para korban. Perilisan film pendek IU berjudul "Persona" di Netflix juga ditunda dengan alasan yang sama.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru