Foto Habib Rizieq Dihapus Oleh Instagram, FPI Salahkan Kementerian Indonesia
Nasional

Menurut Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman, penghapusan konten Habib Rizieq di sejumlah akun Instagram merupakan permintaan salah satu Kementerian terkait.

WowKeren - Front Pembela Islam (FPI) mengaku bahwa Instagram menghapus foto Habib Rizieq Shihab atas permintaan Kementerian terkait. Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman, mengklaim pihaknya telah menelusuri hal tersebut.

"Hasil penelitian, FPI mendapatkan informasi bahwa kebijakan tersebut atas permintaan salah satu kementerian yang membidangi masalah tersebut," jelas Munarman dilansir CNNIndonesia.com pada Selasa (8/4). Menurut Munarman, penghapusan konten Habib Rizieq di sejumlah akun Instagram sudah tidak lagi mengejutkan.

Munarman menjelaskan bahwa penghapusan tersebut telah dilakukan pihak Instagram sejak lama. Ia bahkan mengaku bahwa Facebook juga melakukan hal serupa.

FPI sendiri disebut sudah pernah meminta penjelasan kepada pihak Instagram dan Facebook terkait penghapusan konten Habib Rizieq. Namun sayangnya, FPI mendapatkan jawaban yang tak memuaskan.

"Mereka hanya mengatakan konten tidak sesuai dengan kebijakan," ujar Munarman. "Tapi kebijakan apa mereka enggak bisa jelaskan."


Oleh sebab itu, FPI menelusuri mengapa Facebook dan Instagram melenyapkan foto Habib Rizieq dari platform mereka. Hasil temuan yang mereka peroleh menunjukkan bahwa penghapusan tersebut dilakukan atas permintaan suatu kementerian. Namun Munarman tidak menjelaskan kementerian apa yang ia maksud.

Munarman lantas juga mengecam pihak Instagram. Pasalnya, penghapusan konten tersebut dinilai sebagai perilaku primitif.

"Ini perilaku primitif dan mirip kebijakan Fir'aun," ujar Munarman. "Kan Fir'aun menyuruh membunuh seluruh bayi laki - laki Bani Israil karena ketakutan kekuasaannya hilang. Nah pola kekuasaan seperti itu yang saat ini terjadi."

Sebelumnya, penghapusan foto Habib Rizieq di sejumlah akun Instagram terkuak usai ramai dibahas oleh warganet. Salah satunya oleh Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik.

Diketahui, foto bersama Habib Rizieq yang diunggah ke akun Instagram terhapus pada Februari 2019 lalu. Umi Pipik pun mengunggah foto bukti pesan Instagram yang menghapus fotonya bersama Habib Rizieq.

"Pemberitahuan dari kami. Jika Anda melanggar panduan kami lagi, akun Anda akan dibatasi atau dinonaktifkan," bunyi pesan dari Instagram kepada Umi Pipik. "Panduan Komunitas Kami ingin membuat Instagram tetap menjadi tempat yang aman bagi semua orang, dan kami membuat pedoman ini untuk mendukung dan melindungi komunitas kami di Instagram."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru