Istana Sebut Pemindahan Ibu Kota Bukan Lagi Wacana: Sudah Masuk Rapat Terbatas
Twitter/setkabgoid
Nasional

Rencana pemindahan ibukota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa dimaksudkan untuk menciptakan pusat perekonomian baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa khususnya Jakarta.

WowKeren - Wacana untuk memindahkan ibukota negara dari Jakarta sempat menggema beberapa waktu lalu. Kini, hal itu bukan lagi wacana. Pemerintah kabarnya akan membahas lebih lanjut rencana untuk memindahkan ibukota ke luar Pulau Jawa.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan bahwa wacana tersebut sudah dibahas dalam rapat Terbatas (Ratas) sehingga sudah menjadi isu strategis. "Iya (bukan sekedar wacana). Sudah masuk Ratas (rapat terbatas) berarti sudah jadi isu strategis," kata Adita dilansir dari CNN Indonesia, Senin (29/4).

Wacana pemindahan ibukota sempat ramai dibicarakan dua tahun lalu, bahkan pemerintah sendiri sudah melakukan pembahasan yang cukup mendalam. Sayangnya, wacana ini kemudian terhenti. Oleh sebab itu, pembahasan selanjutnya akan diarahkan tentang bagaimana menindaklanjuti rencana itu. "Pembahasan nanti lebih ke arah menindaklanjuti rencana tersebut," imbuh Adita.

Tak hanya satu, Adita menyebut bahwa ada sejumlah provinsi yang akan menjadi kandidat calon ibukota negara nantinya. Adapun pemilihan tersebut sudah didasarkan pada sejumlah pertimbangan termasuk kelayakan provinsi yang dimaksud. "Nah nanti opsi-opsi itu akan diperdalam lagi. Ditunggu saja hasilnya," ujar Adita.


Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa kajian pemindahan ibukota sudah diserahkan ke presiden. Dari sini, langkah selanjutnya adalah membahas lebih mendalam detail rencana tersebut.

"Hasil kajian awal kemarin sudah dilaporkan kepada presiden," tutur Bambang masih dilansir dari CNN Indonesia. "Ya, arahannya kami akan bahas lebih detail lagi."

Bambang menuturkan bahwa sejauh ini ada tiga provinsi di Kalimantan yang menjadi kandidat kuat calon ibukota. Adapun ketiga provinsi yang dimaksud adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Masing-masing provinsi tersebut memiliki plus-minus untuk dijadikan sebagai ibukota negara.

Realisasi wacana pemindahan ibukota tergantung pada komitmen presiden untuk menjalankannya. Selain itu, dukungan politik yang kuat juga tak kalah penting agar proses realisasi bisa berjalan lebih cepat. Dengan memindahkan ibukota ke ke luar Pulau Jawa, diharapkan Indonesia bisa menciptakan pusat perekonomian baru yang selama ini berpusat di Jakarta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait