'Balas' Ahok, Anies Baswedan: Banjir Kemarin Bukan Apa-Apa Dibanding yang Dialami Basuki
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Ahok sempat memberikan masukan terkait banjir yang terjadi di Jakarta pada pekan lalu. Menurut Anies, Ahok memberikan masukan tersebut karena ia sendiri sempat kesulitan menangani banjir.

WowKeren - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sempat memberikan beberapa masukan untuk mengatasi banjir. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan sampah menimbun dan menutupi pompa air.

Mendapat masukan tersebut, Gubernur DKI Jakarta penerusnya, Anies Baswedan, pun angkat bicara. Anies menyampaikan rasa terima kasihnya dan menyebut bahwa banjir yang terjadi sejak pekan lalu tersebut tidak ada apa-apanya dibanding banjir yang terjadi di zaman Ahok.

"Saya terima kasih semua orang yang pernah bertugas di Jakarta, termasuk Pak Basuki. Pasti berpengalaman terkait dengan banjir, apalagi Pak Basuki," tutur Anies di Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis (2/5). "Karena banjir yang kemarin itu bukan apa-apanya dibanding banjir yang pernah dialami Pak Basuki."

Anies menuturkan bahwa Ahok memberikan masukan tersebut karena sempat kesulitan menangani banjir. Anies mengaku bahwa jumlah pengungsi banjir kemarin tidak sebanyak pengungsi banjir di era Ahok.


"Jadi beliau memang pernah mengalami situasi yang sangat sulit dibandingkan dengan apa yang saya alami kemarin," ungkap Anies. "Hanya 1.600 orang yang mengungsi. Pada waktu beliau yang bertugas sampai 200 ribu lebih orang yang harus mengungsi."

Menurut Anies, banjir pada pekan lalu terjadi di daerah yang tidak masuk wilayah banyak pompa. Diketahui, kebanyakan pompa dilokasikan di wilayah pusat dan utara.

"Kalau yang pekan lalu itu terjadinya di wilayah-wilayah sebelum masuk ke pusat kota. Jadi memang banjirnya itu di bantaran sungai, karena ada air dari hulu, belum sampai masuk ke wilayah saringan, belum sampai wilayah pompa," jelas Anies. "Itu sekarang anda lihat. Jatinegara, sekitar Kampung Pulo, sekitar Klender, itu semua masih di wilayah selatan, timur, dan selatan. Nah, pompa-pompa kita itu banyaknya di pusat dan utara, itu wilayah kebanyakan pompa."

Meski demikian, Anies tetap memberikan apresiasi kepada Ahok yang telah memberikan masukan. "Jadi kalau hujan, nanti kita akan cek juga. Tapi poin utamanya adalah kita apresiasi semua perhatian, dan Insyaallah semua yang disebut sebagai isu-isu teknis akan selalu diantisipasi dengan baik," pungkas Anies.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru