Ridwan Kamil Harap Kasus Sunjaya Yang Dicopot 10 Menit Setelah Dilantik Tak Terulang Lagi
Nasional

Sunjaya Purwadisastra hanya mampu merasakan jabatan sebagai Bupati Cirebon selama beberapa menit. Ia merupakan terdakwa kasus jual beli jabatan di Cirebon.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil melantik Sunjaya Purwadisastra sebagai Bupati Cirebon untuk periode 2019-2024 di Gedung Sate, Bandung pada Jumat (17/5). Namun, tak berselang lama setelah Emil membacakan berita acara pelantikan, Sunjaya langsung dicopot dari jabatannya tersebut. Sunjaya hanya merasakan jabatan sebagai Bupati Cirebon untuk waktu 10-15 menit saja.

Hal ini lantaran Sunjaya tersandung kasus jual beli jabatan di Cirebon. Sunjaya ditangkap melalui Operasi Tangkap Tangan yang digelar KPK di Pendopo Kabupaten Cirebon pada Oktober 2018 lalu. Sunjaya diduga menerima uang suap dari Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka.


"Penting saya sampaikan bahwa pelantikan ini harus dilaksanakan sesuai amanat Undang-Undang 10 tahun 2016 pasal 164 ayat (7) yaitu dalam hal calon bupati dan/atau calon wakil bupati terpilih ditetapkan menjadi terdakwa pada saat pelantikan," kata Emil di Bandung, Jumat (17/5). "Yang bersangkutan tetap dilantik menjadi bupati dan/atau wakil bupati, kemudian saat itu juga diberhentikan sementara sebagai bupati dan/atau wakil bupati."

Emil menitipkan pesan pada pelaksana tugas (Plt) Bupati Cirebon agar kejadian seperti ini tak terulang lagi. "Saya minta, fokus ke masa depan. Kan sudah diberi hadiah tadi sebagai kawasan termaju Rebana sudah saya rapatkan dengan Menko Ekonomi," tutur Emil.

Emil mengingatkan pentingnya menjaga integritas bagi pemimpin. "Saya titipkan tiga nilai dalam kepemimpinan. Integritas tak boleh jebol," ujar Emil.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar pemimpin yang terpilih bisa melayani rakyat dengan sepenuh hati. Para pemimpin harus menunjukkan profesionalisme mereka dalam memberikan pelayanan. "Cirebon harus profesional. Pintu gerbang Rebana harus dimanfaatkan," lanjut Emil.

Emil juga mengimbau agar jika Plt Bupati Cirebon mengalami kesulitan, bisa mengonsultasikannya. "Harus banyak konsultasi. Setiap ada keraguan konsultasikan ke kami. Nanti, akan kami bimbing dan arahkan," imbuhnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...