Beberkan Momen Haru, Ini Curahan Hati AHY Lewati Lebaran Tanpa Ani Yudhoyono
Instagram/agusyudhoyono
Nasional

Selain kepergian Ani Yudhoyono, Lebaran kali ini tidak lengkap lantaran SBY dalam kondisi tidak sehat. Ia dikabarkan kelelahan dan disarankan oleh dokter untuk beristirahat.

WowKeren - Hari Raya Idul Fitri tahun ini mungkin jadi yang paling berat bagi keluarga Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti diketahui, Ani Yudhoyono telah meninggal dunia pada Sabtu (1/6) lalu karena penyakit kanker yang dideritanya.

Keluarga besar Yudhoyono kini tengah menata hati kembali. Anak SBY, Agus Harimurti Yudhoyo (AHY) mengungkapkan bahwa lebaran tahun ini tidak lengkap rasanya tanpa Ani Yudhoyono.

"Tentunya ini adalah Idul Fitri pertama keluarga Yudhoyono tidak lengkap," kata AHY usai melaksanakan salat Id di Masjid Al Istiqomah, Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/6), seperti dilansir dari Detik.

Selain kepergian Ani Yudhoyono, Lebaran kali ini tidak lengkap lantaran SBY dalam kondisi tidak sehat. Ia dikabarkan kelelahan dan disarankan oleh dokter untuk beristirahat.

Menurut AHY, SBY sebenarnya sempat memaksakan diri untuk salat Id berjamaah. Namun, akhirnya menuruti saran dokter untuk beristirahat.


"Pak SBY sebetulnya tadi sudah siap. Tapi dari tim dokter menyarankan sekali karena sangat kelelahan dan kurang sehatnya, Pak SBY diminta untuk istirahat sejenak di kediaman," tutur suami Annisa Pohan ini. "Tapi tentunya tidak mengurangi rasa syukur beliau, bahwa beliau juga dengan harapan melalui masa-masa sulit ini beliau juga tetap sehat."

AHY kemudian mengaku rindu terhadap sang ibu. Ia menceritakan beberapa momen yang biasa mereka lakukan bersama Ani Yudhoyono saat Lebaran tiba.

"Saya ingat sekali setiap saat bersama keluarga setelah salat Idul Fitri bersama-sama. Kemudian makan ketupat bareng-bareng, opor, masakan kesukaan kami," pungkasnya. "Kemudian juga ada acara tradisi sungkeman di mana kami bergantian pada bapak ibu dan sesama anggota keluarga, baru biasanya kami biasanya open house atau pun berkunjung silaturahim halalbihalal dengan saudara-saudara lainnya, keluarga besar kami lainnya dan juga kerabat."

"Kami merindukan Ibu Ani dan tentunya di hari yang fitri ini mudah-mudahan walaupun tidak bisa melakukan tradisi yang biasanya setiap tahun kami lakukan," lanjut AHY.

Keluarga Yudhoyono sendiri tidak menyelenggarakan open house tahun ini. Pasalnya, SBY masih dalam suasana berkabung atas kepergian sang istri, Ani Yudhoyono.

"Kemarin beliau sampaikan, 'saya tidak siap menerima tamu-tamu sendirian, sedangkan puluhan tahun ada Bu Ani mendampingi. Malahan saya sedih nanti'," tutur Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, menirukan ucapan SBY dilansir Tempo, Selasa (4/6). Jansen juga mengungkapkan rencana SBY untuk menyekar makam sang istri.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel