Pengamat Nilai Kecil Kemungkinan Tim Mawar Terlibat Kerusuhan 22 Mei
Nasional
Aksi Massa 22 Mei 2019

Bukti-bukti yang diekspos pihak kepolisian sejauh ini, disebutnya, masih mengarah pada keterlibatan Kivlan Zen sebagai pemberi dana dan pencari eksekutor.

WowKeren - Walau nama Tim Mawar tengah ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia karena diduga terlibat dalam kerusuhan 22 Mei, sejumlah pihak masih meragukan informasi tersebut. Salah satunya adalah pengamat intelijen dan keamanan Stanilaus Riyanta.

Stanilaus menilai bukti-bukti yang dibeberkan kepolisian sejauh ini masih belum menunjukkan keterlibatan tim yang tergabung dalam Kesatuan Kopassus Grup IV TNI AD tersebut. Bukti-bukti itu, ujar Stanislaus, masih mengarah kepada keterlibatan Kivlan Zen.


Seperti diketahui, dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (11/6) kemarin, Polri mengungkapkan beberapa bukti. Salah satunya adalah rekaman dari tersangka HK dan IF. Keduanya mengaku diberikan sejumlah uang oleh Kivlan untuk membeli senjata api sekaligus membunuh sejumlah tokoh nasional.

"Bukti-bukti yang diekspos hari ini memang masih mengarah pada Pak Kivlan," ujar Stanislaus ketika ditemui pada Selasa (11/6). "Dan saya belum melihat ada indikasi kuat langsung ke Tim Mawar."

Stanislaus pun mengungkapkan apresiasinya atas langkah Polri untuk mempublikasi bukti-bukti yang dimiliki kendati kasus ini merupakan kasus yang sangat sensitif. Publikasi ini, menurutnya dapat meminimalisir terjadinya persepsi atau asumsi yang bermacam-macam dari masyarakat.

"Harapannya kalau kita nanti mau melihat Tim Mawar, misalkan iya atau tidak ya dilakukan pembuktian seperti ini saja. Ini bagus," jelasnya, dilansir dari laman Okezone News pada Rabu (12/6).

"Tapi kalau kita hanya memberikan opini, persepsi, apalagi media framing, saya khawatir kalau itu tidak benar, maka akan menjadi fitnah," imbuhnya. "Jadi kita tunggu pengembangan kasus berikutnya apakah (Tim Mawar) ada kaitannya atau tidak."

Oleh karena itu Stanislaus mengimbau kepada masyarakat supaya bersabar menanti setiap hasil penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian terkait aksi rusuh 21-22 Mei lalu. Ia mengaku yakin Polri mampu menuntaskan kasus ini. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan opini-opini yang tidak mampu dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Sebaiknya sih kita menunggu hasil penyelidikan Polri seperti apa, karena ini sangat sensitif ya," pungkas Stanislaus. "Tapi saya yakin kasus kerusuhan 22 Mei ini akan terungkap. Persoalan Tim Mawar terlibat atau tidak, nanti kita akan lihat."

You can share this post!

Related Posts
Loading...