Kader Senior Partai Demokrat Tuntut Kongres Luar Biasa dan Minta SBY Tunjuk AHY Jadi Ketum
Instagram/agusyudhoyono
Nasional

Normalnya, Kongres Luar Biasa Partai Demokrat baru akan digelar pada 2020 mendatang. Namun para kader senior mendorong agar forum tersebut dapat digelar pada tahun ini.

WowKeren - Sejumlah pendiri dan kader senior Partai Demokrat mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap kondisi partai mereka. Oleh sebab itu, mereka pun mendorong agar Partai Demokrat segera menggelar Kongres Luar Biasa untuk memilih Ketua Umum.

Menurut salah satu kader senior, Max Sopacua, perolehan suara Partai Demokrat di Pemilu Legislatif 2019 anjlok ke angka 7,7 persen. Padahal, pada Pemilu Legislatif 2014 lalu, partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono tersebut meraup sebanyak 10,9 persen.

"Terkait kondisi ini, diperlukan adanya introspeksi dan evaluasi menyeluruh untuk kemudian bersama seluruh potensi dan kader guna membangkitkan semangat," jelas Max dalam jumpa pers di Jakarta pada Kamis (13/6). "Dan mengembalikan marwah serta kejayaan Partai Demokrat."

Para kader senior ini pun mengaku akan segera melaksanakan Silaturahim Nasional untuk mengundang para kader dan keluarga besar Demokrat yang pernah bersama dan berjuang mendirikan partai tersebut. Target agenda tersebut ialah segera terselenggaranya Kongres Luar Biasa, yakni forum tertinggi untuk memilih Ketua Umum serta jajaran pengurus.


Umumnya, Kongres Luar Biasa Partai Demokrat baru akan digelar pada 2020 mendatang. Namun para kader senior ini mendorong agar forum tersebut dapat digelar pada tahun ini.

"Kami mendorong dan melaksanakan suksesnya Kongres Luar Biasa selambatnya pada 9 September 2019," jelas Max. "Mengingat telah berakhirnya Pemilu 2019 dan memasuki masa Pilkada 2020 demi mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di 2024."

Max yang merupakan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menyebut nama putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai sosok yang berpeluang mengisi jabatan Ketua Umum. Menurutnya, SBY yang merupakan Ketua Umum saat ini bisa saja menunjuk sang putra sulung sebagai penerusnya. Namun hal tersebut tetap harus berdasarkan persetujuan mayoritas peserta Kongres.

"Kongres Luar Biasa kita tidak susah-susah," tutur Max. "Pak SBY tinggal minta AHY untuk memimpin partai ini."

Di sisi lain, dalam jumpa pers tersebut, para kader senior juga sempat menyoroti sejumlah elite Partai Demokrat yang kerap menimbulkan kontroversi. Para elite yang disorot adalah Andi Arief, Ferdinand Hutahaean, serta Rachland Nashidik.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait