Setya Novanto Dipindah ke Gunung Sindur Usai Kepergok Pelesiran, Masuk Rutan Khusus Teroris
Nasional

Menurut Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana, Rutan Khusus napi teroris ini sebagian kecilnya tetap dihuni napi kasus lain. Hanya terdapat 20 napi kasus umum di antara ratusan napi teroris.

WowKeren - Mantan Ketua DPR RI yang menjadi napi kasus korupsi, Setya Novanto, kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Akibatnya, Setnov pun dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur.

Menurut Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberty Sitinjak, Setnov berangkat dari Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6) sekitar pukul 22.45 WIB. "Tindakan yang sudah pertama saya ambil itu memindahkan dia malam ini," ungkap Liberty dilansir CNN Indonesia, Jumat.


Menurut Liberty, Setnov awalnya meminta izin keluar Lapas Sukamiskin sejak Rabu (12/6) untuk rawat inap di Rumah Sakit Santosa, Bandung, hingga Jumat. "Yang jelas (Setnov) melakukan pelanggaran tadi menjelang kembali dari rumah sakit, bahwa dia tidak langsung pulang, melakukan kesalahan pengelabuan terhadap staf saya," ungkap Liberty.

Setibanya di Lapas Gunung Sindur, Setnov langsung ditempatkan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus narapidana teroris. "Yang Rutan itu khusus teroris. Kalau yang Lapas kan umum, ada terorisnya, ada narkobanya, ada tipikornya," jelas Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana, dilansir Antara pada Sabtu (15/6).

Sopiana menjelaskan bahwa Rutan Khusus napi teroris ini sebagian kecilnya tetap dihuni napi kasus lain. Dari ratusan napi teroris, hanya ada sekitar 20 napi kasus lain.

"Pidana narkotika ada juga di situ, yang berat-berat ada juga di situ," tutur Sopiana. "Lebih dominannya teroris, kalau yang umum enggak begitu banyak kurang lebih sekitar 20."

Meski demikian, Setnov akan memiliki sel sendiri. Sehingga Setnov tidak akan dijadikan satu dengan para napi teroris di Rutan Gunung Sindur. "Kalau untuk kamarnya berbeda, karena kan di sana one man one cell," terang Sopiana.

Sebelumnya, foto-foto Setnov berpelesir di toko bangunan tersebut viral di media sosial. Dalam foto tersebut, Setnov tampak mengenakan sebuah topi hitam dengan wajah yang ditutupi oleh masker. Seorang wanita yang mengenakan kerudung tampak menemaninya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...