Peneliti LSI Denny JA Nilai Wajar Anies Baswedan Kerap Dikritik, Ingatkan Gubernur DKI Hati-Hati
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Sejumlah kebijakan yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengatur Ibu Kota kerap mengundang kontroversi hingga membuatnya menjadi sorotan publik.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap menjadi sorotan sebagai buntut dari kebijakan yang dikeluarkannya dalam mengatur Ibu Kota. Mulai dari kebijakan untuk tidak menggelar operasi yustisi beberapa waktu lalu hingga penerbitan Izin Mendirikan Bangunan di Pulau Reklamasi, semuanya itu tak lepas dari sorotan media.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar, menilai hal yang wajar jika Anies kerap mendapat kritikan secara bertubi-tubi. Sebab, hal itu berkaitan dengan profesi Anies sebagai politisi.

"Anies digadang-gadang sebagai the next calon presiden di Pemilu 2024," kata Rully dilansir dari Antara, Rabu (26/6). "Sebagai politisi, wajar Anies mendapatkan serangan dari berbagai pihak."

Rully mengatakan bahwa seyogyanya Anies menjadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk bisa terus bekerja lebih giat lagi dalam membangun Jakarta hingga 2022 mendatang. Dengan begitu, publik akan tahu seberapa kapasitas Anies dalam memimpin sehingga layak diperhitungkan untuk dipilih. Prestasi Anies ketika menjabat sebagai gubernur sangat penting untuk mendulang popularitas ke kursi Capres.


"Pilihannya ada di momen Gubernur DKI ini," lanjut Rully. "Kalau dia bisa melaksanakan tugas gubernur yang baik, ya tentu berdampak terhadap keterpilihan dia atau popularitas beliau ke kursi calon presiden 2024."

Meski demikian, Rully mengingatkan Anies untuk tetap berhati-hati terutama dalam membuat kebijakan. Sebab tak jarang kebijakan yang ia buat justru membuatnya menjadi sorotan publik.

Hal itu tak lepas dari status DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia. Sehingga tak heran jika segala sesuatu yang berlangsung di sini akan menjadi perhatian bagi seluruh Indonesia. "Kita tahu DKI ini menjadi center di Indonesia, apapun yang terjadi di DKI akan terekspos di seluruh Indonesia," ucap Rully.

Rully mengatakan bahwa kebijakan yang dibuat oleh Anies tersebut nantinya akan berpengaruh pada dirinya sendiri nanti ketika maju di Pemilu 2024. "Ya bagaimana kebijakan publik yang dilakukan Anies bisa meyakinkan publik. Kalau misalnya buruk, pasti ada dampaknya terhadap Anies sendiri. Kalau dampaknya baik, berarti Anies akan mendulang pada 2024 nanti," pungkasnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru