Diduga Tersandung Korupsi, Pengamat Politik Prediksi Jokowi Copot 3 Menteri
Instagram/jokowi
Nasional

Ketiga menteri ini bahkan diduga akan dicopot dari jabatannya sebelum pemerintahan era berikutnya dimulai walaupun masa kerja menteri hanya tinggal 85 hari.

WowKeren - Sosok-sosok yang akan menduduki kursi menteri di Kabinet Indonesia Kerja Joko Widodo periode 2019-2024 memang masih menjadi misteri. Namun demikian beberapa pihak mulai memprediksi nama-nama tersebut.

Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio pun turut mengungkapkan prediksinya. Ia memperkirakan setidaknya ada tiga menteri yang terancam digantikan, bahkan sebelum pemerintahan baru dimulai. Pasalnya ketiga menteri ini diduga tersandung kasus korupsi.

Mereka adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. "Kondisi itu mengganggu Jokowi secara citra. Pasti sebentar lagi akan diganti karena berurusan dengan KPK," kata Hendri, Rabu (3/7).

Untuk diketahui, Imam Nahrawi diduga terlibat dalam daftar penerima suap hibah KONI. Enggartiasto Lukita diduga terlibat dalam kasus suap bidang pelayaran yang melibatkan terdakwa Bowo Sidik. Sedangkan Lukman telah mengaku menerim adana suap dari atase Kerajaan Arab Saudi sebesar USD 30 ribu.


Selain itu, Hendri juga turut memprediksi sejumlah menteri yang tetap dipertahankan di kabinetnya periode berikutnya. Menurutnya, ada tiga nama yang kemungkinan tetap dipertahankan Jokowi karena dinilai mampu bekerja dengan baik.

Mereka adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (MenPPN atau Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) Basuki Hadimuljono. Sedangkan nama terakhir adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Sementara nama-nama yang "dijagokan" publik seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati justru diprediksi akan hengkang. Selain itu ada pula sosok Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang diduga akan dicopot dari jabatannya.

Terkait dengan pencopotan menteri-menteri tersebut, Hendri menilai Jokowi tidak akan segan mengganti mereka apabila dinilai berpengaruh buruk terhadap citranya. Selain itu, Presiden ke-7 RI itu juga akan berusaha meninggalkan jejak sejarah positif atas sepuluh tahun kinerjanya.

"Yang dievaluasi paling gampang adalah secara subjektif saja, menurut dia," katanya, dilansir dari Harian Jogja, Kamis (4/7). "Apakah menteri ini sudah bisa menerjemahkan apa maunya dia atau apakah menteri itu bisa menerjemahkan visi misinya atau target yang selama ini dilaksanakan berhasil apa tidak."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait